Manfaat dan Kandungan Gizi Susu Formula Anak

By Categories : Kesehatan

Sebagai orang tua pastinya Anda menginginkan buah hati tumbuh sebagai seorang anak yang sehat dan cerdas. Selain ASI eksklusif, untuk menunjang kesehatan dan kecerdasan si kecil Anda dapat memberikannya susu formula. Susu formula merupakan salah satu produk kebutuhan bayi yang diproduksi dengan kandungan yang setara dengan ASI. Oleh karena itu, jika bayi sudah tidak menyusui alangkah baiknya Anda memberikan susu formula sebagai gantinya. Kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam susu formula sangat efektif untuk mencukupi kebutuhan gizinya dalam setiap hari. Jika Anda masih ragu, berikut adalah manfaat dan kandungan gizi susu formula untuk bayi!

Manfaat dan Kandungan Gizi Susu Formula Anak

Manfaat dan kandungan nutrisi pada susu formula

  • Menyehatkan tulang

Manfaat susu formula yang pertama adalah untuk menyehatkan tulang. Setiap orang pastinya sudah mengetahui jika susu sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan susu kaya akan kalsium. Selain kalsium, susu juga kaya akan fosfor, protein, magnesium dan beberapa kandungan penting lainnya.

  • Mencegah diabetes

Pada anak ataupun balita, susu juga dapat membantu mempertahankan keidealan tubuh dan menghindarkan si kecil dari kelebihan berat badan atau obesitas jika dikosumsi sesuai dengan aturannya.

  • Mendukung perkembangan otak anak

Manfaat susu formula berikutnya adalah dapat mendukung perkembangan otak anak. Sama halnya dengan tubuh, otak juga membutuhkan sejumlah nutrisi penting untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga si kecil akan tumbuh menjadi seorang anak yang lebih pintar dan cerdas.

  • Mencegah obesitas pada anak

Nah itulah manfaat susu formula secara umum. Lantas apa saja kandungan gizi susu formula anak? Berikut ulasannya.

AHA (arachidonic acid)

AHA atau yang biasa disebut AA atau ARA merupakan salah satu unsur penting yang terdapat pada susu formula. Kandungan AHA juga terdapat pada ASI. Hal ini dikarenakan AHA memiliki manfaat untuk mendukung perkembangan otak bayi, membantu mencerdaskan otak bayi. Selain itu, AHA juga berperan dalam merangsang perkembangan syaraf mata yang berguna untuk alat penglihatan bayi. AA sendiri adalah komponen terbesar dari long-chain polyunsaturates fatty acids (LC-PUFA), yang merupakan bahan paling penting bagi organ susunan saraf pusat. AA sendiri memiliki peranan sebagai neurotransmitter sebagai suatu bentuk asam lemak yang esensial. Asam lemak esensial sendiri terdiri dari asam linoleat , asam linolenat serta asam arachidonic. Meskipun memiliki fungsi yang berlawanan akan tetapi Ketiganya baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

FOS (frukto oligo sakarida) dan GOS (galakto oligo sakarida)

Setiap tubuh manusia pastinya membutuhkan sistem kekebalan tubuh agar tidka mudah terserang penyakit. Dalam susu formula terkandung FOS dan GOS kedua zat ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh dan membatasi jumlah bakteri patogen. Dengan begitu tubuh akan lebih sehat dan jauh terhadap penyakit.

DHA (docosahexaenoic acid)

Pada umumnya fungsi dari DHA hampir sama dengan AHA yaitu untuk meningkatkan perkembangan otak dan penglihatan pada bayi.

LA (linoleic acid)

Kandungan gizi susu formula selanjutnya adalah LA. LA memiliki manfaat yang sama dan sejalan dengan AHA dan DHA yaitu untuk mengembangkan otak bayi. Namun selain itu, LA juga berfungsi untuk menjaga mental bayi agar lebih kuat.

Kolin

Kolin merupakan bagian dari vitamin B. Otak membutuhkan nutrisi yang satu ini untuk memperbarui sel-selnya. Tak hnya itu saja, kolin jug berfungsi untuk mencegah membran sela agar tidak mudah rapuh dan bocor. Sehingga ini akan membantu proses peremajaan sel menjadi semakin baik.

Prebiotik

Prebiotik merupakan suatu istilah yang digunakan pada mikroorganisme dan juga prebiotik merupakan unsur penting dalam susu formula. Hal ini karena prebiotik berfungsi untuk menyempurnakan pencernaan bayi agar bayi terhindar dari sembelit ataupun masalah pencernaan lainnya. Prebiotik sendiri seringkali direkomendasikan oleh dokter ataupun para ahli nutrisi setelah mengonsumsi antibiotik. Hingga saat ini prebiotik banyak tersedia pada yoghurt dan makanan lainnya. Beberapa orang mengklaim bahwa probiotik sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Omega 3 dan Omega 6

Kandungan susu formula selanjutnya adalah omega 3 dan omega 6. Omega 3 dan omega 6 merupakan lemak tak jenuh yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh kita. Menurut sejumlah ahli, kedua lemak baik ini memiliki manfaat yang sangat berhubungan. Secara umum omega 3 dan omega 6 sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit, rambut, mencegah kerusakan sel, kuku serta dapat menjaga kesehatan tubuh.

Lacotoferin dan beta karoten

Selanjutnya adalah lactoferin dan beta karoten. Kedua kandungan ini memiliki fungsi yang baik sebagai antioksidan. Sehingga tubuh akan terbebas dari radikal bebas. Selain itu, kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat dan kandungan gizi susu formula untuk bayi. Baca juga artikel tentang Makanan untuk kecerdasan otak anak.

khasiat susu kedelai untuk ibu menyusui -