Manfaat Getah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Buah Pepaya merupakan buah yang hidup di daerah tropis dan mempunyai rasa manis bila sudah matang. Buah ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.  Seperti yang kita ketahui, buah pepaya merupakan tumbuhan multifungsi karena hampir sebagian tanaman ini dapat dimanfaatkan.

Daun pepaya dapat dijadikan sayur dan lalapan, serta diracik menjadi obat. Biji pepaya dapat dimanfaatkan untuk obat cacing, dan buahnya yang masih muda dapat dijadikan rujak, sedangkan yang sudah tua dapat dijadikan manisan.

Manfaat getah pepaya

Dibalik rasa manis pada buahnya, tumbuhan berbatang tegak ini ternyata menyimpan nilai guna dan ekonomis tinggi. Buah, daun, dan batangnya mengandung getah berwarna putih seperti susu. Getah tersebut mengandung enzim pemecah protein atau lebih dikenal dengan anama papain. Enzim tersebut biasanya dimanfaatkan oleh industri farmasi untuk membuat obat. Diantara buah, daun, dan batang, getah yang berasal dari buahlah yang paling baik.

Manfaat getah pepaya lainnya juga bisa untuk kecantikan. Getah pepaya mengandung lebih dari 50 asam amino, seperti aspartat, serin, prolin, treinin, valine, isoleusin, arginin, lysin, dan lain-lain. Kandungan tersebut digunakan sebagai bahan baku kosmetik yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit, menjaga gigi dari timbunan plak, dan menguatkan jaringan agar lebih kenyal.

Berikut manfaat getah pepaya untuk tubuh

  1. Mengatasi tumit pecah-pecah

Saat musim panas atau musim kemarau, masalah tumit pecah-pecah sering mendera. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan getah pepaya dengan cara dogosokkan ke bagian tumit yang pecah, kemudian biarkan 15 menit dan cuci dengan air bersih. Anda dapat melakukannya 1 kali sehari agar lebih efektif.

  1. Mengobati penyakit kutil

Manfaat getah pepaya selanjutnya adalah dapat mengobati penyakit kutil. Papilloma atau kutil merupakan sejenis tumor jinak pada kulit, ini dikarenakan penebalan lapisan kulit yang berlebihan. Biasanya jika sudah membesar kutil akan berbentuk seperti bunga kol. Untuk menghilangkan kutil Anda dapat mengoleskan getah pepaya setiap tiga jam sekali pada kutil.

  1. Mengobati kulit melepuh

Jika kulit Anda melepuh terkena panas, maka oleskan getah pepaya dan diamkan semalam. Namun jika luka cukup besar, Anda dapat memarut pepaya yang masih muda dan tempelkan pada luka Anda.

  1. Mengobati sakit gigi

Manfaat getah pepaya berikutnya mampu mengobati sakit gigi. Caranya adalah pilih buah pepaya yang masih muda kemudian bersihkan, kemudian ambil getahnya menggunakan kapas dan tetaskan pada gigi yang sakit.

  1. Mengobati luka bakar

Sebenarnya hal yang perlu dilakukan pertama ketika kulit terbakar adalah pendinginan. Ini berlaku sejak 30 menit pertama dengan menyiram air.  Setelah itu, ambil pepaya muda dan dicuci hingga bersih kemudian oleskan getah pada luka. Getah pepaya mampu mencegah luka menjadi lebih parah pada kulit.

manfaat getah pepaya - apa manffat getah pepaya? - cara menghilangkan getah pepaya yg sdh matang - getah pepaya obat sakit gigi - manfaat get -