Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Kacang merah merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan serat yang sangat banyak dibandingkan jenis kacang-kacangan yang lainnya. Namun sayangnya jenis kacang merah emang tidak begitu familiar di kalangan masyarakat seperti kacang kedelai. Perlu Anda  ketahui  kacang merah merupakan pangan nabati yang masih dalam keluarga kacang polong seperti kacang hijau, kacang kedelai, kacang polo tolo dan masih banyak lagi jenis kacang lainnya. Selain itu kacang merah memiliki kandungan yang tidak kalah bagusnya dibanding jenis kacang lainnya. Diantaranya memiliki kandungan asam folat, karbohidrat kompleks, serat, kalsium dan tinggi protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.manfaat kacang merah

Kandungan Gizi pada Kacang Merah

Sama halnya dengan jenis kacang-kacangan lainnya, kacang merah kaya akan gizi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. beberapa vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam kacang merah adalah asam folat, karbohidrat dan juga protein. kandungan karbohidrat komplek dan serat yang tinggi pada kacang merah dapat membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol jahat. Seperti yang Anda ketahui kolesterol yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung mendadak.

Selain itu, kacangmerah juga mengandung vitamin B6, mangan, zat besi dan masih banyak lagi. Sejumlah kandungan nutrisi dan vitamin tersebut pastinya akan memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Nah berikut ini akan kami jelaskan manfaat kacang merah bagi kesehatan. Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini !

Inilah Khasiat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Antibiotik Alami

Dalam kandungan kadar antibiotik yang terdapat dalam kacang merah ini memang cukup tinggi. Tentu hal ini sangat bagus jika di jadikan salah satu alternatif sebagai salah satu obat alami mengurangi antioksidan dalam tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertamian Amerika Serikat. Menyatakan bahwa hanya kacang merah yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dibandingkan jenis kacang lainnya. Maka dari itu sangat wajar sekali jika kacang merah memiliki manfaat untuk menjaga sel dari kesrusakan dan mempercepat proses regenerasi sel yang sudah mati akibat radikal bebas pada tubuh.

Meningkatkan Energi Dalam Tubuh

Khasiat kacang merah bagi kesehatan yang kedua adalah membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang terdapat dalam tubuh. Cukup hanya dengan mengonsumsi secangkir kacang merah setiap hari akan membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Selain itu juga membantu proses metabolisme tubuh dengan baik.

Menyehatkan Organ Pencernan

Membahas mengenai pencernaan, kacang memrah merupakan salah satu manfaat yang sangat bagus menjaga organ pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang terdapat di dalamnya sangatlah tinggi. Adapun masalah organ pencernaan adalah sembelit, mengurangi resiko kanker usus dan masih banyak lagi lainnya. Dengan kondisi pencernaan yang sehat tentu akan membantu proses diet menjadi maksimal. Maka bisa kira simpulkan kacang merah juga salah satu makanan progam diet. Selain kacang merah, makanan kaya serat yang dapat Anda konsumsi adalah jeruk, kiwi, apel, berbagai macam sayuran dan masih banyak lagi.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kacang merah bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat berfungsi membantu mengontrol kadar garam. Adapun kadnungan yang berperan adalah kandungan serat yang terdapat dalam kacang merah. Dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan membantu mendorong kolesterol larut dan terbuang melalui organ pencernaan.  Selain itu kacang merah juga salah satu makanan yang dapat  menjadi pilihan bagi penderita diabetes.

Kaya akan antioksidan

Tahukah Anda bahwa kacang merah hingga saat ini menduduko peringkat atas pada makanan yang mengandung antioksidan terbaik. Para peneliti yang ada di Departemen Pertanian Amerika Serikat melakukan survei pada 100 makanan yang berbeda, hasilnya pun cukup mengejutkan bahwa kandungan antioksidan yang ada di dalam kacang merah lebih banyak jika dibandingkan dengan buah berry. antioksidan tinggi yang terdapat dalam kacang merah memiliki fungsi penting untuk menjaga sel-sel agar lebih sehat dan menangkal radikal bebas.

Mengoptimalkan memori otak

Manfaat kacang merah selanjutnya adalah dapat mengoptimalkan memori otak. Kandungan vitamin B pada jenis kacang-kacangan yang satu ini memiliki hubungan yang sangat erat terhadap fungsi sel-sel otak dan saraf. Kandungan vitamin B1 atau Thiamin diperlukan dalam proses penting neurotransmitter untuk memori otak. Sehingga seseorang yang rutin mengonsumsi kacang merah dapat menurunkan resiko terhadap penyakit alzheimer, kanker dan lainnya.

Sumber protein nabati

Protein yang dikonsumsi, bermanfaat untuk membentuk massa otot. hasilnya tubuh akan lebih mudah terbentuk. Kacang merah merupakan sumber protein terbaik dan sehat. Karena kacang lebih rendah lemak dan bebas kolesterol. Dalam secangkir kacang merah mengandung 15 gram protein.

Nah itulah beberapa manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh.

Baca juga artikel terkait lainnya Khasiat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan.

manfaat kacang merah - jelaskan pengertian kacang merah dan fungsinnya - khasiat tanaman kacang merah - manfaat dan kandungan gizi kacang merah - manfaat kacang merah untuk kesehatan - manfaat makan kacang merah - sup kacang merah untuk kesehatan -