Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

By Categories : Kesehatan, Manfaat

Karbohidrat merupakan segolongan senyawa organik yang terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen. Karbohidrat ini salah satu zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia yaitu sebagai bahan bakar atau glukosa, cadangan makanan, dan materi pembangun. Karbohidrat ini memiliki rasa manis yang biasanya disebut dengan gula atau sakar. Molekul dasar dari karbohidrat adalah monosakarida atau monosa.

Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Berkaitan dengan karbohidrat ini ternyata memiliki fungsi penting dalam tubuh diantaranya adalah sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh manusia. Karbohidrat yang tidak dapat dicerna akan bertugas mengisis volume atau ruang dalam usus dan lambung, sehingga akan membuat rasa kenyang. Selain itu juga dapat memberikan rangsangan mekanis dan memberikan gerak peristaltic dalam memudahkan pembuaangan tinja dan de-faekasi.

Nah setelah kita sedikit tahu mengenai denifisi dan fungsi karbohidrat bagi tubuh, berikut ini akan jelaskan mengenai manfaat karbohidrat bagi tubuh. Adapun penjelasannya adalah berikut ini.

Inilah Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Sumber Energi Tubuh

Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi dalam tubuh. Setiap satu gram karbohidrat dapat menghasilkan 4 kalori yang dapat menunjang sumber energi dalam tubuh ketika melakukan aktivitas. Keberadaan karbohidrat di dalam tubuh terbagi oleh beberapa tempat diantaranya sebagian ada di dalam siklus darah sebagai glokosa untuk keperluan energi, dan sebagian lagi berada di dalam hati dan jaringan otot yang berfungsi sebagai glikogen.

Mengoptimalkan Fungsi Protein

Ketika tubuh dalam kondisi kekurangan karbohidrat, maka tubuh akan mengambil protein sebagai salah satu cadangan sumber energi. Jika hal itu terjadi maka akan menyebababkan fungsi protein menjadi tidak optimal. Maka dari itulah kebutuhan karbohidrat sangat baik dalam mengoptimalkan fungsi protein.

Mengatur Metabolisme Lemak

Fungsi karbohidrat selanjutnya adalah dapat mengatur metabolisme lemak di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan karbohidrat memiliki peranan untuk mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna dalam tubuh.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan kaya akan serat memiliki fungsi yang baik dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga dapat membantu mencegah kegemukan, kanker usus besar, diabetes mellitus, dan jantung koroner.

Sebagai Pemanis Alami

Manfaat terakhir karbohidrat bagi tubuh yaitu sebagai pemanis alami pada makanan, khususnya bagi kandungan monosakarida dan disakarida. Selain itu juga dapat mengoptimalkan rasa manis gula menjadi sama seperti fruktosa adalah jenis gula yang paling manis.

Berbagai Jenis Makanan Sumber Karbohidrat

  1. Beras Merah
  2. Kentang Rebus
  3. Ubi Jalar
  4. Sagu
  5. Singkong
  6. Jagung dan Kacang-kacangan
  7. Sayur Hijau
  8. Buah Apel dan Buah Berry

Nah itulah penjelasan singkat mengenai manfaat karbohidrat bagi tubuh. Jika Anda ingin kebutuhan karbohidrat dalam tubuh Anda terpenuhi maka konsumsilah jenis makanan seperti yang sudah disebutkan di atas.

manfaat karbohidrat - kegunaan karbohidrat - fungsi karbohidrat - manfaat karbohidrat bagi tubuh - karbohidrat diperlukan oleh tubuh sebagai - jelaskan bagaimana karbohidrat dapat bermanfaat sebagai cadangan energi pada manusia - karbohidrat bagi tubuh adalah - tuliskan 3 manfaat karbohidrat bagi tubuh - jelaskan 5 fungsi karbohidrat bagi tubuh - jelaskan bagaimana karbohidrat dapat bermanfaat bagi cadangan energi pada manusia - fungsi utama karbohidrat dalam tubuh - jelaskan manfaat karbohidrat - karbohi - bagaimana karbohidrat bermanfaat sebagai cadangan energi pada manusia - karbohidrat berfungsi -