Manfaat Kurma Bagi Kesehatan di Bulan Puasa

By Categories : Manfaat

Kurma salah satu buah yang memang identik ketika datangnya bulan puasa. Buah yang satu ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat buka puasa. Karena rasa manis yang didapatkan dalam buah kurma ini memberikan sumber energi yang hilang setelah seharian menjalani puasa. Selain itu mengonsumsi buah kurma ketika berbuka bisa membuat perut menjadi cepat kenyang, maka dengan begitu dapat membantu Anda dalam mengontrol nafsu makan ketika berbuka agar tidak makan berlebihan.

manfaat kurma bagi kesehatan

Buah kurma memiliki kandungan yang sangat bermanfat bagi kesehatan di antaranya mengandung gula antara 75%-87%, untuk gula yang berbentuk glukosa sekitar 55% sedangkan 45% membentuk fruktosa. Manfaat kurma sangat berguna untuk tubuh karena banyak mengandung protein, mineral, lemak dan vitamin antara lain vitamin A, B2, B12. Maka dengan begitu melihat banyak kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tidak heran jika kurma memiliki manfaat bagi kesehatan seseorang ketika menjalani puasa. Nah untuk lebih jelasnya Anda bisa memperhatikan ulasan berikut ini.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Darah

Kurma memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung mengalami peningkatan ketika saat berbuka puasa. Biasanya naiknya tingkat keasaman darah karena setelah mengonsumsi daging dan karbohidrat ketika makan untuk berbuka puasa. Untuk menghindari hal itu, sangat disarankan untuk memakan kurma terlebih dahulu sebelum menyantap menu buka puasa.

Mencegah Sembelit

Tidak jarang memang ketika puasa orang banyak yang mengalami masalah dalam pencernaan seperti sembelit. Namun dengan rutin mengonsumsi kurma ketika berbuka akan mengatasi dan mencegah sembelit. Hal itu dikarenakan di dalam kurma memiliki kandungan tinggi serat yang sangat efektif sekali dalam mengatasi masalah dalam pencernaan.

Sebagai Sumber Energi

Kandungan glukosa yang sangat tinggi dalam buah kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh kembali bugar setelah seharian menjalani puasa. Maka dengan mengonsumsi kurma setiap berbuka merupakan cara yang sangat tepat. Namun bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah kurma karena kandungan glukosa dalam buah kurma sangat tidak baik bagi penderita diabetes.

Menjaga Kondisi Pencernaan

Ketika puasa tentu dalam kondisi kosong, jika diharuskan menyatnap menu buka puasa yang berat seperti nasi dan lauk lainya tentu akan sedikit mengganggu kondisi kesehatan pencernaan. Namun dengan mengawali berbuka puasa dengan buah kurma tidak akan mengagetkan perut karena buah kurma sangat mudah untuk dicerna. Maka dengan begitu pencernaan Anda tidak akan mengalami masalah selama menjalankan puasa satu bulan lamanya.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat kurma bagi kesehatan di bulan puasa. Baca juga artikel terkait Tips tetap sehat saat berpuasa.