Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Magnesium merupakan salah satu mineral yang sangat banyak di dalam tubuh. Jumlah yang paling banyak berada di dalam tulang sebesar 50% dari total magnesium yang ada dalam tubuh, sedangkan sisanya terdapat dalam sel-sel jaringan dan organ. Magnesium memang salah satu mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian magnesium merupakan mineral keempat yang terdapat dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur ratusan proses biokimia dan sistem fisiologis yang dapat berperan menangani kesehatan sistem metabolisme dan sistem kardiovaskular.

Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sebagian besar magnesium berada di dalam tulang atau dalam sistem rangka tubuh. Maka dengan begitu hal ini tentu saja memberikan peranan yang sangat baik bagi kesehatan dan kekuatan tulang. Sedangkan kandungan magnesium yang lain berperan penting pada glikolisis, kotraksi otot, kalsium, vitamin D dan saluran Ion.

Untuk mendukung peranan magnesium tersebut tentu saja harus didukung dari asupan makanan supaya magnesium dapat berperan secara maksimal bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat magnesium bagi kesehatan ? Nah berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat magnesium secara detail.

Berikut Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan

Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Bukti epidemiologi menunjukkan bahwa dengan melakukan diet magnesium dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh studi Kohort Prospektif menghasilkan bahwa magnesium sangat berperan penting dalam mengurangi resiko diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan magnesium dapat mempertahankan homeostasis glukosa dan mengatur sekresi dan sensitivitas insulin. Maka bisa disimpulkan bahwa bahwa magnesium dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat magnesium bagi kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Magnesium dapat membantu mengatur tingkat kalsium , vitamun D, tembaga dan seng di dalam tubuh. Maka dengan begitu kepadatan tulang akan selalu terjaga setiap hari. Selain itu juga dapat mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Magnesium memiliki peranan penting juga dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah bukti epidemiologi menunjukkan bahwa asupan makanan yang mengandung maknesium dapat mengurangi resiko kardiovaskular seperti hipertensi, metabolik syndrom dan dapat melindungi terhadap kematian jantung. Untuk jumlah magnesium yang dpaat menyembuhkan dan menjaga kesehatan jantung adalah 100 mg/hari.

Mencegah Sembelit

Sembelit dapat diatasi dengan cepat dengan cara memenuhi asupan magnesium dalam tubuh. Hal ini dikarenakan magnesium dapat berfungsi untuk melemaskan otot-otot usus, sehingga dapat membantu untuk membangun ritme halus pada tubuh. Selain itu magnesium juga memiliki peranan untuk menarik air yang dapat digunakan untuk melembutkan tinja agar dapat keluar dengan mudah.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat magnesium bagi kesehatan. Baca juga artikel tentang Penyebab dan gejala penyumbatan pebuluh darah.

Manfaat magnesium - manfaat magnesium bagi tubuh - manfaat magnesium oil untuk benjolan di payudara -