Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Spirulina memanglah salah satu alga yang masih cukup asing untuk masayarakat awam. Lantas apa itu spirulina? Spirulina adalah cyanobacteria atau alga alami. Tidak sama seperti alga-alga pada umumnya yang tumbuh di tanah, Spirulina tumbuh dan biasa dibudidayakan di air tawar, air laut ataupun di dalam kolam khusus spirulina. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli Spirulina memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Ini karena Spirulina mengandung banyak asam amino, protein dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat spirulina bagi kesehatan.

Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan

Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Mencegah Kanker

Kandungan fikosianin pada Spirulina sangat bermanfaat untuk mencegah kanker secara dini. Ini karena fikosianin merupakan zat pigmen untuk anti kanker. Selain itu, Spirulina juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga ini akan dapat menghambat pertumbuhal sel kanker yang berlebih.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah sejenis lemak yang ada di dalam tubuh manusia. Jika tidak segera di atasi kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pada arteti sehingga dapat meningkatkan seseorang terkena serangan jantung. Maka dari itu, mulailah mengonsumsi spirulina setiap harinya untuk menurunkan kolesterol LDL. Selain bermanfaat untuk kesehatan, normalnya kadar kolesterol dalam tubuh sangat berguna dalam menurunkan berat badan.

Mengurangi Efek Kemoterapi

Manfaat spirulina selanjutnya adalah mengurangi efek kemoterapi. Seperti yang Anda ketahui seorang pasien yang menjalani efek kemoterapi biasanya akan mengalami hal yang mengganggu seperti sakit kepala, mual, muntah, nafsu makan turun, tenggorokan kering, susah tidur dan merasa cemas. Untuk meminimalisir efek tersebut Anda dapat mengonsumsi spirulina setiap harinya.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Seperti yang Anda ketahui spirulina juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas seseorang. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat maka seseorang tersebut dapat melindungi seseorang dari berbagai macam penyakit. Selain itu, spirulina juga berguna untuk mengatasi penyakit kronis serta membantu proses penyembuhannya.

Mengatasi Anemia

Manfaat spirulina bagi kesehatan selanjutnya adalah mengatasi anemi. Spirulina kaya akan zat besi sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia. Tak hanya itu saja, spirulina juga dapat membantu pembentukan sel darah merah yang baru, menstabilkan sel darah merah, sel darah putih dan juga Hb (hemoglobin) dalam tubuh. Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi spirulina karena kandungan zat besi yang tinggi dapat mencegah penyakit anemia yang biasa diderita oleh ibu hamil.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh yang ideal salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan mengonsumsi spirulina. Kandungan asam lemak GLA, beta karoten dan klorofil bermanfaat untuk seseorang yang memiliki berat badan berlebih.

Nah itulah beberapa manfaat spirulina bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui. Untuk mengonsumsinya Anda dapat membeli suplemen spirulina di tempat yang terpercaya. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai Pengobatan penyempitan pembuluh darah jantung.