Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Kedelai merupakan tumbuhan yang banyak memiliki kandungan gizi di dalamnya di antaranya kandungan protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Dari mulai penyakit ringan hingga penyakit kronis seperti diabetes, jantung, pengerasan pembuluh darah, menurunkan kolesterol dan masih ada banyak penyakit lainnya.

Manfaat Susu Kedelai

Kedelai dapat dinikmati dengan berbagai olahan makanan seperti tempe dan tahu yang dijadikan salah satu pelengkap lauk-pauk sehari-hari. Tapi bukan hanya itu saja kedelai juga dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan yaitu susu kedelai. Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dan sudah sedikit tahu mengenai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Nah supaya semakin menyakinkan kepada kita mengenai manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Berikut ini akan dirangkum secara ringkas pada ulasan artikel berikut ini!

Berikut Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Sebelum membahas mengenai manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Tidak ada salahnya terlebih dahulu untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki susu kedelai dibanding dengan susu sapi. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut.

  • Tidak mengandung lemak jenuh
  • Mengandung banyak protein
  • Memiliki kandungan saponin
  • Memiliki kandungan isoflavon
  • Mengandung banyak serat
  • Tidak mengandung kolesterol
  • Mengandung phytoestrogen alami

Inilah Beberapa Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan :

Mencegah Penyekit Kencing Manis/ Diabetes Mellitus
Manfaat susu kedelai yang pertama adalah mencegah penyakit diabetes melitus. Kandungan protein yang terdapat dalam susu kedelai ini sangat mudah diterima oleh ginjal dibandingkan protein yang berasal dari hewani seperti susu sapi. Maka dari itulah susu kedelai sangat baik dan cocok untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

Memperkuat Intergritas Pembuluh Darah
Kandungan lemak omega-3 dan omega-6 yang terdapat dalam susu kedelai sangat bermanfaat sekali untuk melindungi pembuluh darah dari kerentanan luka dan pendarahan. Selain itu kedua kandungan tersebut juga memiliki peranan dalam meningkatkan kelancaran serta fleksibilitas pembuluh darah dalam mengalirkan darah ke seleluruh tubuh.

Mengurangi Kadar Kolesterol Darah
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa susu kedelai tidak memiliki kandungan kolesterol. Melainkan memiliki kandungan lesitin yang berfungsi untuk menghalau LDL dan sedangkan kandungan isoflavon berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan HDL yang baik untuk kesehatan jantung.

Mencegah Penyakit Kronis
Manfaat susu kedelai yang sangat baik dalam tubuh adalah mampu melawan penyakit kronis yang bersarang dalam tubuh seperti jantung koroner, hipertensi, stroke dan Arteriosklerosis. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E mampu mencegah terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Selain itu susu kedelai juga memiliki kandungan asam folat dan vitamin B6 yang mampu menghalang penyakit kronis lainnya.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat susu kedelai bagi kesehatan.