Mari Belajar Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Kunyit bisa kita temukan dihampir setiap dapur keluarga di Indonesia. Bahkan rempah yang satu ini juga banyak dikenal di belahan dunia lainnya. Tak jarang, kunyit sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan berbagai masakan tradisional dan modern di berbagai negara. Belum lagi kegunaan lainnya sebagai pewarna alami yang menjadikannya semakin terkenal dan disebut-sebut sebagai salah satu rempah paling popular di dunia. Dan dibalik kepopulerannya sebagai bumbu masakan, ternyata juga tersimpan manfaat kunyit untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh kunyit bagi tubuh dan kesehatan kita? Berikut adalah beberapa manfaatnya.

Mari Belajar Manfaat Kunyit untuk Kesehatan
Kunyit Bisa Digunakan Sebagai Anti Inflamator

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kunyit ternyata mengandung senyawa dan zat yang juga dapat difungsikan sebagai anti inflamator. Adapun jenis senyawa yang tersedia dalam kunyit diantaranya adalah minyak volatile yang terbukti secara klinis memberikan manfaat anti inflammatory yang sangat signifikan. Dan dibandingkan dengan produk kimia yang juga berfungsi sebagai anti inflamator, kunyit ternyata tidak menimbulkan efek samping sama sekali baik dalam penggunaan jangka pendek maupun panjang.

Kunyit Dapat Membantu Mengatasi Peradangan Sendi

Berdasarkan berbagai penelitian dan studi klinis yang dilakukan untuk mempelajari tenyang kunyit dan manfaatnya bagi kesehatan manusia, ditemukan fakta bahwa ternyata kandungan kurkumin dalam kunyit dapat berperan aktif sebagai antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas secara efektif dan efisien. Dengan berkurangnya radikal bebas dalam tubuh akan membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi sehingga peradangan sendi pun dapat diatasi dengan lebih mudah.

Membantu Mencegah Kanker

Kanker merupakan satu dari 5 penyakit paling banyak merenggut nyawa dalam setiap tahunnya. Penyakit ini dapat menghinggapi siapapun tidak peduli umur dan jenis kelamin. Lebih parahnya lagi hingga kini belum ditemukan obat dan metode yang dapat menyembuhkan kanker. Cara apapun yang terbukti dapat menangkal kanker tentunya sangat penting untuk diketahui dan diterapkan bagi siapa pun. Dan fakta bahwa kunyit dapat mencegah kanker tentunya adalah berita baik yang wajib diketahui oleh banyak orang. Kandungan Curcumin di dalam kunyit ternyata dapat menghambat perkembangan protein sintesis yang dikenal sebagai cikal bakal tumor dan kanker.

Mengurangi Resiko Leukimia

Hal ini pernah didiskusikan dalam sebuah konferensi medis di London di mana para peneliti telah mempelajari kunyit dan pengaruhnya terhadap penyakit leukemia dalam tubuh. Ternyata mengonsumsi makanan yang mengandung kunyit ternyata dapat menghambat proses produksi dan regenerasi sel leukemia dalam tubuh. Oleh karenanya terapi dengan kunyit juga masih relevan untuk diterapkan pada penderita leukemia.

Dengan mengetahui manfaat kunyit untuk kesehatan, diharapkan Anda akan dapat lebih menghargai bumbu tradisional yang satu ini. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan pola hidup sehat dengan memanfaatkan kunyit dalam berbagai menu keseharian Anda nantinya. Baca juga Obat batuk herbal untuk anak.

Mengapa kunyit dapat mencegah leukumia -