Mengenal Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini

By Categories : Penyakit

Mengenal gejala gagal ginjal sejak dini, merupakan salah satu hal paling penting yang harus dilakukan setiap orang agar terhindari dari berbagai macam penyakit pada ginjal. Ini karena ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah dari sisa atau limbah metabolisme. Namun jika ginjal gagal melakukan hal tersebut, maka kondisi ini akan disebut sebagai gagal ginjal.

gejala gagal ginjal

Pada umumnya gagal ginjal ada 2 macam, yaitu gagal ginjal akut dan kronik. Gagal ginjal akut (GGA) atau Acute Renal Failure (ARF) akan terjadi ketika ginjal tiba-tiba berhenti menyaring sisa metabolisme. Sedangkan gagal ginjal kronik (GGK) atau Chronic Renal Failure (CRF) akan terjadi dan berkembang secara perlahan-lahan.

Lalu apa saja penyebabnya? Beberapa hal yang dapat menyebabkan gagal ginjal adalah diabetes yang tidak terkontrol, penyakit prostat, batu ginjal dan lainnya. Agar tehindar dari gagal ginjal yang parah, berikut adalah gejala gagal ginjal yang perlu diwaspadai sejak dini.

Inilah gejala gagal ginjal yang perlu diketahui

Sakit pinggang

Gejala yang pertama adalah sakit pinggang. Sudah menjadi rahasia umum jika sakit pinggang merupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh penderita gagal ginjal. Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab gagal ginjal adanya batu ginjal. Jika tidak segera ditangani, batu ginjal tersebut akan terjerat dan terjebak di dalam ureter. Dan hal ini akan menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada daerah pinggang.

Sesak napas

Tak hanya penderita penyakit jantung dan paru-paru saja yang mengalami gejala sesak napas, seseorang yang mengalami gagal ginjal biasanya juga akan mengalami hal ini. Ginjal yang sudah tidak berfungsi menyebabkan cairan di dalam tubuh menutup saluran paru-paru. Sehingga hal ini menyebabkan penderita mengalami sesak napas. Tak hanya itu aja, gagal ginjal juga menyebabkan seseorang mengalami anemia. Kurangnya kadar oksigen yang di bawa oleh sel darah merah menyebabkan tubuh kekurangan oksigen serta mengakibatkan sesak napas.

Terjadi pembengkakan tubuh

Gejala gagal ginjal selanjutnya adalah terjadinya pembengkakan tubuh. Hal ini terjadi karena cairan yang semestinya dikeluarkan, tertimbun di dalam tubuh karena terganggunya organ sekresi. Oleh karena itu, hal ini menyebabkan bagian tubuh tertentu seperti pergelangan kaki, kaki, tangan serta wajah mengalami pembengkakan.

Berkurangnya jumlah urine

Meskipun ada pula seseorang penderita gagal ginjal mengalami nokturia (sering buang air kecil malam hari), namun beberapa kasus seseorang yang mengalami gagal ginjal kronis biasanya akan mengalami penurunan kadar urine. Bahkan ada pula yang tidak produksi urine sama sekali. Gagal ginjal pada tahap awal biasanya urine akan berbusa karena banyak mengandung protein.

Selain itu hipertensi, mual, muntah, ruam dan gatal pada kulit, tidak nafsu makan, berat badan turun, mudah lelah dan letih juga merupakan gejala gagal ginjal yang perlu diwaspadai. Baca juga artikel lainnya inilah makanan yang baik untuk kesehatan ginjal.

pengapuran ginjal - gejala pengapuran ginjal - cara ngobati pengapuran ginjal - ciri ciri pengapuran ginjal - mengenal gejala gagal ginjal - obat herbal pengapuran ginjal -