Mengenal Tanda-tanda Penyakit Jantung Sejak Dini

By Categories : Penyakit

Jantung merupakan salah organ tubuh manusia yang  sangat vital. Hal ini dikarenakan jantung berperan untuk  memompa darah ke seluruh tubuh dan menyalurkan berbagai macam nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Namun jika jantung tersebut bermasalah dan tidak berfungsi tentu saja hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh itu sendiri.

tanda-tanda penyakit jantung

Oleh karena itu sangat penting mengetahui apa saja gejala dari penyakit jantung. Hal ini berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Nah berikut adalah tanda-tanda penyakit jantung yang perlu diwaspadai.

Gejala penyakit jantung yang perlu diketahui

Mudah lelah atau fatigue

Gejala yang pertama adalah mudah lelah atau biasa disebut dengan fatigue. Seorang calon pengidap penyakit jantung atau infark miokardial akan sering mudah lelah dan tidak berdaya ketika dipakai untuk bekerja. Jika sudah begini, banyak seseorang yang menganggap bahwa hal ini terjadi akibat kelelahan setelah bekerja. Namun jika kelelahan yang Anda alami terlalu ekstrim, kemungkinan besar hal ini merupakan gejala dari serangan jantung. Untuk mengatasinya Anda bisa mengurangi waktu kerja dan beban pekerjaan Anda, jika tidak berhasil maka sebaiknya segera memeriksaan diri ke dokter.

Sakit kepala

Yang kedua adalah sakit kepala. Hampir setiap penyakit biasanya ditandai dengan sakit kepala, salah satunya yaitu sakit jantung. Namun jika seseorang yang memiliki penyakit jantung akan sakit kepaka saat terkena paparan sinar matahari. Sakit kepala sendiri terjadi karena adanya penyimpangan sirkulasi darah.

Denyut jantung tidak beratur

Tanda-tanda penyakit jantung selanjutnya denyut jantung tidak teratur. Tanda yang satu ini merupakan tanda yang harus diwaspadai, karena jika tidak segera diatasi dapat berakibat fatal bagi kesehatan jantung Anda. Denyut jantung tidak teratur terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Sehingga hal ini akan menyebabkan penyempitan pada katup jantung yang pada akhirnya dapat mengakibatkan jantung bocor.

Nyeri pada dada

Nyeri pada dada merupakan gejala umum yang sering dialami oleh seseorang yang menderita penyakit jantung. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan pada arteri. Sehingga menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Jika tidak segera diatasi, hal ini dapat membuat tubuh semakin melemah dan mati rasa.

Nyeri pada bagian tubuh tertentu

Selain akibat bekerja berat, nyeri pada bagian tubuh juga menjadi salah satu tanda dari penyakit jantung. Seorang pria yang terserang penyakit jantung biasanya memiliki gejala nyeri pada bagian lengan sebelan kiri. Sedangkan jika wanita yang mengalaminya, ia akan merasakan nyeri pada kedua lengannya. Rasa nyeri tersebut terjadi karena adanya penyumbatan arteri.

Terjadi pembengkakan

Selanjutnya adalah terjadi pembengkakan. Bagian tubuh yang sering mengalami pembengkakan akibat penyakit jantung antara lain, pergelangan kaki dan juga perut.  Hal ini terjadi karena cairan menumpuk di dalam tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai tanda-tanda penyakit jantung. Baca juga artikel terkait lainnya waspadai makanan penyebab penyakit jantung.