Mengetahui Penyebab Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

By Categories : Kesehatan

Muntah dan gumoh merupakan salah satu hal yang seringkali terjadi pada bayi. Gumoh dan muntah adalah hal yang berbeda namun umumnya kedua hal ini merupakan hal yang normal dan tidak menandakan masalah kesehatan yang serius pada bayi. Sebelum membahas mengenai penyebab bayi muntah, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui apa perbedaan gumoh dan muntah pada bayi.

Penyebab Bayi Muntah

Meskipun sama-sama pengeluaran isi lambung, namun keduanya memiliki perbedaan. Gumoh terjadi seperti orang meludah yang bersifat pasif dan spontan. Sedangkan muntah adalah lebih cenderung dalam jumlah yang sangat banyak. Meskupun normal, akan tetapi gumoh yang berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan mengganggu pertumbuhan bayi tersebut. Lantas apa saja penyebab bayi muntah setelah diberi ASI? Berikut ulasannya.

Inilah penyebab bayi muntah yang perlu diketahui

Posisi menyusui yang salah

Yang pertama adalah karena posisi yang salah. Seperti yang kita ketahui biasanya ibu menyusui bayinya dengan posisi tiduran dengan posisi tubuh miring sedangkan si bayi tidur telentang. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka ASI tidak dapat masuk ke saluran pencernaan akan tetapi ke saluran nafas. Akibatnya hal ini menyebabkan bayi gumoh ataupun muntah.

Bayi terlalu aktif

Yang kedua adalah karena bayi terlalu aktif. Misalnya saja ketika bayi menggeliat atau pada saat bayi menangis terus menerus. Hal ini dapat membuat tekanan dalam perut bayi tinggi, sehingga segala macam yang dicerna oleh bayi akan keluar dalam bentuk muntahan atau gumoh.

Pemakaian bentuk dot yang salah

Penyebab bayi muntah selanjutnya adalah karena pemakaian bentuk dot yang salah. Misalnya saja jika bayi suka diberi dot yang besar  namun ia diberi dot yang kecil, tentu saja hal ini dapat membuat susu yang dihisap keluar memenuhi mulut bayi. Tak hanya itu saja, hal ini juga menyebabkan udara masuk ke lambung. Udara yang masuk ke lambung dapat membuat bayi mual dan akhirnya pun muntah.

Penyakit GERD

Berikutnya adalah karena penyakit GERD. Jika si kecil sebelumnya tampak sehat tetapi ia muntah setelah minum susu kemungkinan besar penyebabnya adalah karena penyakit GERD atau gastroesophageal reflux. Hal ini terjadi karena otot diantara esofagus dan lambung bayi tidak bekerja dengan benar. Sehingga hal ini akan menyebabkan makanan dan minuman akan kembali naik dari lambung ke tenggorokan.

Keracunan

Penyebab lainnya yang lebih sulit dideteksi adalah karena keracunan. Hal ini dapat terjadi ketika bayi menelan sesuatu yang beracun, seperti obat-obatan, bahan kimia ataupun dari makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Oleh karen itua sebaiknya Anda menempatkan segala macam sesuatu yang berbahaya jauh dari jangkauan bayi.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab bayi muntah setelah diberi ASI.

Baca juga cara mengatasi cegukan pada bayi.

bayi muntah setelah minum asi - penyebab bayi muntah - penyebab bayi muntah setelah minum asi - cara agar bayi tidak muntah setelah minum asi - muntah setelah minum asi - penyebab bayi muntah susu - mengpa byi stlah menyusu trus muntah stlh nfas grok2 - kenapa habis minum asi muntah - habis minum obat minum asi tapi muntag - Cara mengatasi bayi yang sering muntah setelaj disusui - anak sering muntah setelah minum asi - bila bayi selalu muntah sehabis menyusu - bayi satu bulan mual saat menyusu asi - wajar kah jika bayi muntah setelah minum asi - bayi muntah daat menyusui -