Mengetahui Perbedaan Asuransi Kesehatan Karyawan dan Individu

By Categories : Kesehatan

Asuransi kesehatan sangatlah penting sebagai solusi cadangan saat Anda ditimpa musibah atau sakit dikemudian hari. Begitu pentingnya asuransi kesehatan bahkan beberapa negara menerapkan kewajiban bagi setiap warganya untuk memiliki asuransi kesehatan. Dan dengan semakin banyaknya pilihan asuransi kesehatan yang ada, banyak orang merasa kebingungan untuk menentukan mana yang terbaik untuk mereka. Setiap penyedia layanan asuransi selalu menawarkan berbagai paket dan program asuransi kesehatan karyawan dan individu, tak lain adalah untuk menyediakan pilihan program kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Jika kita telaah lebih jauh, dapat kita saimpulkan bahwa asuransi kesehatan keryawan dan individu sebenarnya tidaklah sepenuhnya sama. Terdapat beberapa hal yang membedakan program asuransi antara program individu dan karyawan suatu perusahaan, salah satunya adalah dalam hal metode pembayarannya. Pada asuransi untuk karyawan, biasanya biaya asuransi sudah diambilkan dari gaji mereka setiap bulannya. Jadi setiap penghasilan yang mereka terima sebenarnya sudah dipotong untuk berbagai hal, salah satunya adalah untuk asuransi kesehatan. Hal ini berbeda dengan individu yang diwajibkan untuk melakukan pembayaran secara manual melalui rekening dan agen yang telah ditunjuk. Namun jika ingin, mereka bisa saja mendaftarkan rekening mereka untuk secara otomatis auto-debet setiap bulannya.

asuransi kesehatan karyawan yang bagus,Selain metode pembayarannya, hal lain yang membedakan antara asuransi kesehatan karyawan dan individu adalah jumlah iuran perbulannya. Bagi karyawan, beban iuran bulanan asuransi biasanya jauh dibawah pemilik polis individu. Ini dikarenakan perusahaan melakukan pendaftaran secara kolektif sehingga biasanya perusahaan asuransi memberlakukan diskon atau keringanan iuran. Namun biasanya hal tersebut juga berimbas pada benefit yang didapatkan saat klaim yang umumnya lebih sedikit dari polis individu.

Dan perbedaan lainnya terletak pada ketersediaan layanan program yang ada. Para individu yang ingin mendaftar asuransi kesehatan dapat secara bebas memilih program atau paket asuransi apapun yang mereka inginkan, dengan disesuaikan dengan kebutuhan dan minat mereka. Sebagai contoh, mereka bisa saja mendaftar asuransi kesehatan yang dilengkapi dengan fitur tabungan atau investasi. Bahkan untuk jangka programnya pun bisa dipilih sesuai keinginan. Hal ini berbeda dengan para karyawan yang hanya memiliki satu pilihan seragam antara yang satu dengan lainnya, sehingga mereka tidak bisa memilih program berbeda.

Apapun perbedaan asuransi kesehatan karyawan dan individu, sangat penting bagi Anda untuk memilih program dan paket asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu biaya bulanan juga hendaknya disesuaikan dengan alokasi yang ada. Jangan sampai biaya bulanan program asuransi yang Anda ikuti nantinya akan mengganggu stabilitas keuangan keluarga dikemudian hari, sebab seyogyanya program asuransi dirancang untuk memberikan kemudahan finansial bagi keluarga Anda, bukannya malah merusak tatanan yang sudah ada. Baca juga Cara mendaftar BPJS.