Menu Makanan Diet Golongan Darah A

By Categories : Kesehatan

Diet golongan darah atau blood type diet merupakan diet yang disesuaikan menurut golongan darah. Menurut Peter J. D’Adamo, penemu diet golongan darah, ia menyatakan bahwa pola makan yang sesuai dengan golongan darah dapat membuat tubuh  mencerna makanan lebih efisien dan lebih baik. Hal ini dikarenakan golongan darah sangat mempengaruhi sistem metabolisme dan juga sistem pencernaan di dalam tubuh.

diet golongan darah a

Oleh karena itu dengan mengonsumsi menu yang tepat dapat membuat tubuh bisa mendapatkan energi yang lebih serta dapat mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit. Selain itu, tubuh juga dapat membakar lemak lebih sempurna. Sebelum membahas mengenai makanan diet golongan darah  A, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu karakteristik dari golongan darah A.

Seseorang yang memiliki golongan darah A sangat rentan terhadap penyakit seperti diabetes, jantung, kanker dan juga penyakit kronis lainnya. Hal ini dikarenakan tipe darah A memiliki konsistensi yang kental. Hal inilah yang menyebabkan darah lamban beredar dan memungkinkan terjadinya penumpukan kotoran di dalam tubuh, yaitu di dinding arteri.

Penumpukan itulah yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis tersebut. Selain itu, orang dengan tipe darah A  juga  akan mudah gemuk jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang kaya lemak.

Nah bagi Anda yang berniat berdiet berdasarkan golongan darah, berikut adalah menu makanan diet golongan darah A yang bisa dicoba.

Inilah makanan sehat untuk diet golongan darah A

Buah-buahan

Sudah menjadi rahasia  umum jika buah-buahan memang sangat baik menjadi makanan pendamping saat sedang berdiet. Akan tetapi bagi seseorang yang menjalankan diet golongan darah A tidak semua buah bisa dikonsumsi. Buah yang baik untuk mendukung program diet Anda, antara lain kiwi, melon, anggur, lemon, cherry, blueberry dan juga blackberry.

Makanan kaya karbohidrat

Yang kedua adalah makanan yang kaya akan karbohidrat. Biasanya seseorang yang sedang berdiet harus menghindari makanan yang kaya akan karbohidrat. Akan tetapi golongan darah dapat mengonsumsi makanan ini. Sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi antara lain nasi, oatmeal, sereal gandum dan juga roti soya ataupun roti soya. Dari beberapa makanan tersebut, makanan diet golongan darah A yang paling diutamakan adalah nasi.

Sayuran

Makanan selanjutnya adalah sayuran. Sayuran yang tepat dikonsumsi golongan darah A adalah bayam, wortel, brokoli, bawang putih dan makanan lainnya seperti tahu dan tempe. Selain makanan itu, Anda pun bisa mengonsumsi makanan alternatif lainnya yaitu jamur, mentimun, asparagus, alpukat dan juga mustard. Akan tetapi sebagai makanan alternatif sebaiknya Anda membatasinya. Yaitu satu hingga dua kali dalam setiap minggunya.

Ikan

Berikutnya adalah ikan. Jenis ikan yang cocok dikonsumsi tipe darah A adalah ikan salmon dan juga sarden. Selain ikan Anda pun bisa mengonsumsi daging ayam paling banyak dua kali dalam seminggu.

Nah itulah beberapa menu makanan diet golongan darah A. Baca juga artikel lainnya menu diet golongan darah o.

menu makanan untuk golongan darah A - mkanan yg cocok ubtuk gol darah a -