Mitos Penyakit Diabetes Melitus yang Masih Dipercaya

By Categories : Penyakit

Penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Menurut International Diabetes Federation (IDF) masyarakat Indonesia menduduki peringkat kelima terbanyak di dunia. Oleh karena itu banyak orang yang mulai menerapkan gaya hidup yang sehat sebagai salah satu cara mencegah penyakit diabetes. Tahukah Anda hingga saat ini banyak sekali berbagai macam spekulasi mengenai diabetes yang berkembang, mulai dari membatasi makanan tertentu untuk mengatasi penyakti ini. Padahal semua itu belum tentu benar. Nah berikut adalah beberapa mitos penyakit diabetes melitus  yang berkembang dan yang masih dipercaya masyarakat.

Diabetes mellitus

Mitos dan fakta penyakit diabetes yang perlu diketahui

Dilarang mengonsumsi karbohidrat

Mitos yang pertama adalah dilarang makan karbohidrat bagi pasien diabetes. faktanya penderita diabetes masih bisa mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah yang disarankan. Kata Linda Murphy, RN dari Rumah Sakit Rehabilitasi HealthSouth di New Jersey, Amerika Serikat bahwa seorang yang terkena penyakit diabetes tetap bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan jumlah yang terbatas.

Makanan manis menyebabkan diabetes

Yang kedua adalah makan manis dapat sebabkan diabetes. Tahukah Anda bahwa hal tersebut adalah mitos. Tidak benar jika seseorang yang mengonsumsi makanan manis dapat sebabkan penyakit diabetes. Diabetes tipe 1 disebabkan karena gangguan sistem autoimun yang menyebabkan organ pankreas tidak bisa memproduksi insulin. Sehingga hal ini menyebabkan glukosa tidak melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya. Sedangkan diabetes tipe 2 biasanya disebabkan oleh kombinasi dari dari kebiasaan yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga, pola makan tidak sehat, obesitas dan lainnya.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 hampir sama

Mitos penyakit diabetes melitus selanjutnya adalah diabetes tipe 1 dan tipe2 hampir sama. Namun kedua tipe tersebut memiliki perbedaan besar secara fisiologi. Seseorang dengan penyakit diabetes tipe 1 tubuhnya tidak mampu lagi menghasilkan insulin sehingga membutuhkan suntikan insulin. Namun seseorang yang menderita diabetes tipe 2 harus mendapatkan 30% suntukan insulin saja dan sisanya tidak perlu.

Diabetes penyakit orangtua

Banyak orang yang mengira bahwa diabetes hanya penyakit yang menyerang orang tua. Namun semua itu hanya mitos, faktanya saat ini banyak anak-anak remaja yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 terutama mereka yang mengalami obesitas. Diabetes bisa menimpa siapa saja tanpa memandang usia. Meskipun begitu diabetes lebih banyak diderita oleh seseorang yang berusia 40 tahun ke atas.

Ada diabetes kering dan basah

Mitos berikutnya adalah banyak orang yang berfikir bahwa diabetes ada yang kering dan basah. Padahal tidak ada pembagian mengenai diabetes kering ataupun basah. Diabetes basah yang sering memicu kesalahpahaman bagi setiap orang adalah diabetes melitus. Luka yang ditimbulkan ini karena adanya komplikasi yang disebabkan oleh kadar gula darah yang terus menerus meningkat.

Demikianlah ulasan mengenai mitos penyakit diabetes melitus yang masih dipercaya.

Baca juga tanaman obat untuk diabetes melitus.