Penyakit Ambeien Dan Cara Pengobatannya

By Categories : Obat, Penyakit

Apakah Anda menderita pernah mendengar mengenai penyakit ambeien dan pengobatannya? Penyakit ambeien atau wasir merupakan gangguan pada anus dimana bibir anus mengalami pembengkakan. Pembengkakan tersebut seringkali disertai pendarahan. Penyebab umum dari penyakit ambeien adalah penderita terlalu keras mengejan ketika buang air besar.

Orang yang menderita masalah sembelit biasanya harus mengejan keras agar kotoran di saluran usus besar dapat keluar melalui anus. Ambeien juga sering terjadi pada orang yang melakukan olah raga angkat beban, orang yang terlalu lama duduk atau berdiri dan pada wanita hamil.

Penyakit Ambeien dan Cara Pengobatannya

penyakit-ambeien-dan-cara-pengobatannya

Penderita ambient seringkali mengeluh kesulitan untuk buang air besar atau duduk karena rasa sakit pada bagian anus. Penderita ambeien yang sudah parah terkadang sampai harus menjalani operasi pengangkatan wasir. Sayangnya, operasi tersebut terkadang memiliki efek samping yang kurang menyenangkan.

Oleh karena itu, penyakit ambeien diwaspadai dan juga diobati dengan baik. Penyakit ambeien dan cara pengobatannya yang benar sangat menentukan kesembuhan penderita dalam jangka panjang. Selain itu, penyebab penyakit ambeien juga perlu Anda ketahui agar mudah dalam pencegahannya. Lalu, apa sajakah penyebab penyakit ambeien itu?

Konstipasi atau sembelit merupakan penyebab utama dari penyakit ambeien. Sembelit dialami orang yang kotoran mengeras sehingga sulit dikeluarkan dan harus mengejan kuat ketika BAB. Sembelit diakibatkan kurangnya asupan serat dari makanan dan juga kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Jika Anda kurang makan sayur dan buah, dan lebih banyak makan daging-dagingan atau makanan berlemak lainnya, kemungkinan Anda beresiko mengalami sembelit. Oleh karena itu, jaga pasokan buah dan sayur serta kacang-kacangan agar asupan serat selalu terpenuhi. Banyak minum air putih juga dapat mengurangi resiko sembelit.

Penyakit Ambeien dan Pengobatannya

Wanita hamil juga rentan mengalami ambeien. Janin di dalam perut menekan rongga perut sehingga organ-organ di bagian perut sulit bergerak. Selain itu, wanita yang melahirkan juga memiliki kemungkinan menderita ambeien akibat mengejan terlalu kuat saat proses kelahiran.

Orang yang mengalami kegemukan (overweight) juga memiliki resiko ambient karena lemak menekan rongga perut. Proses penuaan, anal seks dan diare berkepanjangan juga menjadi pemicu munculnya penyakit ambeien.

Untuk penanganan penyakit ambeien dan pengobatannya bisa dilakukan sendiri di rumah, selalu usahakan untuk membersihkan bagian anus dengan benar setiap kali selesai buang air besar. Sebaiknya tidak menggunakan sabun karena dapat menimbulkan iritasi. Gunakan air bersih dalam jumlah banyak untuk membersihkan anus.

Setelah itu, keringkan dengan tisu lembut seperti yang biasa digunakan untuk membersihkan kulit bayi. Anda juga dapat mengurangi rasa nyeri dengan berendam di dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 15 menit. Jika ambeien makin parah, sebaiknya pergi ke dokter secepatnya untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

penyakit ambeien dan pengobatannya - apa penyebab ambeyen dan mengobatinya - obat dedaunan paling ampuh untuk B A B Darah - tumbuhan tradisional untuk dubur sakit -