Penyebab Buang Air Besar Berdarah

By Categories : Kesehatan

Buang air besar berdarah merupakan salah satu gejala penyakit yang cukup umum akibat penyakit tertentu. Biasanya hal ini sering terjadi pada bayi, anak-anak hingga dewasa. Adanya darah pada feses pada umumnya adalah hal yang sangat membahayakan, namun yang perlu Anda ketahui tidak semua BAB berdarah merupakan masalah serius yang dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu, mengetahui penyebab dari masalah tersebut adalah hal yang sangat penting untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab buang air besar berdarah yang perlu diketahui.

bd
Inilah penyebab buang air besar berdarah

Wasir

Penyebab yang pertama adalah adanya penyakit wasir atau ambeien. Adanya penyakit ini merupakan penyebab BAB berdarah yang sering kita jumpai. Selain adanya darah merah terang yang menetes ketika atau setelah feses keluar, wasir juga memiliki ciri-ciri yaitu adanya tonjolan atau benjolan dari dalam anus yang keluar ketika BAB. Dan benjolan tersebut akan masuk kembali ketika selesai BAB.

Kanker usus

Yang kedua adalah adanya kanker usus. Seseorang yang memiliki usia diatas 40 tahun dipercaya memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Pada beberapa kasus, kanker usus besar adalah alasan utama sebagai penyebab buang air besar berdarah. Untuk membuktikan hal ini, biasanya dokter mengharuskan pasiennya untuk melakukan tes carsinoembryonic antigen untuk menghilangkan tinja berdarah yang disebabkan oleh penyebab lain selain kanker usus besar.

Tukak lambung

Penyebab BAB berdarah selanjutnya karena tukak lambung. Tukak lambung biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Helicobacter pylori (H. pylori). Hal ini menyebabkan adanya luka terbuka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari. Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya akan mengonsumsi obat anti inflamasi, ibu profen, naproxen dan juga aspirin. Namun penggunaan jangka panjang dengan dosis yang tinggi dapat menyebabkan tukak yang menyebabkan buang air besar dengan darah berwarna hitam.

Anal fisure

Anal fisure merupakan sebuah robekan atau luka pada jaringan yang melapisi anus. Hal ini sering disebabkan karena feses yang besar serta keras dan tentu saja hal tersebut dapat melukai jaringan pada anus. Feses yang besar serta keras atau yang biasa disebut dengan konstipasi seringkali disebabkan karena kurangnya serat dan air.

Cidera internal

Berikutnya adalah adanya cidera internal. Cidera internal juga sering disebut dengan kerusakan pembuluh darah pada saluran pencernaan juga merupakan salah satu penyebab buang air besar berdarah. Selain itu, adanya masalah pada kerongkongan seperti robekan di kerongkongan juga dapat menyebabkan pendarahan. Oleh karena itu diagnosa yang tepat untuk mengidentifikasikan lokasi cidera sangat penting untuk dilakukan, karena ini sangat membantu untuk menghentikan pendarahan.

Nah itulah beberapa penyebab buang air besar bedarah.

berak darah - penyebab buang air besar berdarah dan solusinya - bab berdarah - buang air besar berdarah - obat berak darah - penyebab berak darah - bab anak berdarah - penyebab bab berdarah - obat tradisional bab berdarah pada anak - obat bab berdarah - buang air besar berdarah pada anak - berak berdarah - buang air besar keluar darah - penyebab buang air besar berdarah - cara mengatasi bab berdarah -