Penyebab dan Cara Mengatasi Keringat Berlebih

By Categories : Kesehatan

Tubuh berkeringat adalah suatu tanda terjadinya pembuangan racun dari dalam tubuh yang berlangsung dengan baik. Akan tetapi jika tubuh memproduksi keringat yang berlebih, tentu saja hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Keringat berlebih atau yang biasa disebut dengan hiperhidrosis dapat menimbulkan efek psikologis dan psikososial. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami hiperhidrosis tentu saja menjadi kurang percaya diri jika bertemu dengan lainnya. tak hanya itu saja, keringat berlebih juga dapat menyebabkan kulit iritasi dan rentan terhadap infeksi jamur ataupun bakteri.

cara mengatasi keringat berlebih

Keringat berlebih itu sendiri disebabkan karena faktor keturunan, senang mengonsumsi makanan pedas, asam ataupun buah yang masih mentah, seperti mangga muda. Umumnya ada dua jenis hiperhidrosisi, yaitu:

  • Hiperhidrosis primer yaitu keringat berlebih yang muncul sejak kecil ataupun pada usia remaja. Penyebab utama dari hiperhidrosis primer adalah keturunan dan biasanya mereka akan mengalami keringat berlebih pada lipatan lengan, wajah, telapak kaki dan lipatan paha.
  • Hiperhidrosis sekunder yaitu keringat berlebih yang diakibatkan oleh efek sampung dari obat-obatan kimia. Jika penggunaan obat-obatan tersebut dihentikan maka keringat akan normal kembali. Seseorang yang mengalami hiperhidrosis sekunder akan sering berkeringat pada tangan, lengan, wajah dan lipatan tangan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mengatasi keringat berlebih.

Cara ampuh untuk atasi keringat berlebih

Memperhatikan apa yang Anda makan

Seperti yang Anda ketahui ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi keringat berlebih.  Makanan pedas seperti sambal atau pun kari dapat menyebabkan keringat berlebih. Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan pedas dapat membuat suhu tubuh  menjadi semakin meningkat dan menjadi lebih panas. Sehingga hal ini akan menyebabkan kulit memproduksi kringat yang lebih banyak daripada biasanya.

Mengonsumsi air putih

Cara yang kedua adalah dengan mengonsumsi air putih secara teratur. Selain dapat menyehatkan tubuh, mengonsumsi air putih secara teratur juga dapat melembabkan tubuh dan mejadikannya  lebih dingin dan stabil. Oleh karena itu mulailah untuk mengonsumsi air putih 2 liter atau setara dengan 8 gelas dalam setiap harinya.

Mengonsumsi yoghurt

Cara mengatasi keringat berlebih selanjutnya  adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Kandungan kalsium dalam yoghurt sangat ampuh untuk mengurangi produksi keringat yang berlebih. Namun tak hanya itu, yoghurt juga dapat meningkatkan produksi baik dalam saluran pencernaan. Sehingga selain dapat mengurangi keringat berlebih yoghurt juga dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Mengonsumsi buah kiwi

Buah yang berasal dari China ini memang kaya akan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain untuk menjaga kesehatan manfaat buah kiwi lainnya juga sangat ampuh untuk mengatasi dan mengurangi keringat berlebih. Cara memanfaatkan buah kiwi pun sangat mudah, Anda bisa mengolahnya menjadi jus ataupun mengonsumsinya secara langsung.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi keringat berlebih.

cara mengatasi keringat berlebihan bagi remaja - cara mengatasi kringat brlebih com - Cara mengurangi keringat dipaha - makanan yang membuat produksi keringat berlebih - manfaat mengkudu untuk mengurangi keringat - penyebab keringat berlebihan dan cara mengatasinya -