Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi

By Categories : Kesehatan

Pada umumnya seorang bayi menangis adalah hal wajar saat ia merasa lapar, tak nyaman, takut dan masih banyak lagi penyebab bayi menangis, salah satunya yaitu kolik. Kolik umumnya terjadi pada bayi berusia 5 bulan ke bawah. Lantas apa itu kolik? Kolik merupakan nyeri perut hebat pada bayi yang menyebabkan si kecil menangis secara terus menerus. Jika hal ini tidak segera diatasi tentu saja dapat menyiksa bayi. Beberapa tanda jika bayi mengalami kolik adalah menangis terus-menerus, perutnya mengeras, tangan bayi mengepal, kening mengerut serta wajahnya agak kemerahan.

Kolik Pada Bayi

Hingga saat ini penyebab kolik belum diketahui secara pasti, akan tetapi beberapa ahli menyatakan bahwa penyebabnya adalah sistem pencernaan yang belum sempurna, alergi protein susu sapi, rendahnya aktivitas laktase serta kondisi refluks. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara megatasi kolik pada bayi.

Inilah cara mengatasi kolik paling ampuh

Berikan ASI

Cara yang pertama adalah dengan menyusui bayi. Pastikan Anda menyusui bayi dengan posisi yang benar. Karena saat menyusui dengan cara yang salah, selain ASI yang masuk kurang, hal ini memungkinkan bayi akan menelan udara yang berlebihan. Tak hanya itu saja, lamanya menyusui juga harus diperhatikan. Jika bayi menyusu hanya sebentar, sama saja bayi meminum susu awal yang mengandung laktosa. Padahal laktosa yang berlebih dapat menyebabkan gangguan penyerapan laktosa sehingga hal ini menyebabkan perut bayi semakin nyeri.

Perhatikan botol susu

Jika bayi tidak minum ASI, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan botol susu yang ia gunakan. Perhatikan lubang pada empeng, sebab kalau lubang empeng kecil susu yang terhisap hanya sedikit dan justru bayi akan menelan udara yang berlebih. Dan jika udara tersebut masuk tentu saja hal ini dapat menyebabkan perut bayi kembung.

Berikan probiotik

Cara mengatasi kolik pada bayi selanjutnya adalah dengan cara memberikan probiotik. Sebuah studi menyatakan bahwa memberikan probiotik pada bayi yang mengalami kolik, hal ini cukup efektif untuk mengurangi gejala kolik. Akan tetapi pemberian probiotik harus sesuai dengan saran dokter, oleh karena itu jika Anda ingin memberikan probiotik sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu.

Hindari makanan yang mengandung susu sapi

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, salah satu penyebab kolik adalah alergi dengan protein susu sapi. Jika si kecil menyusu pada Anda sebaiknya hindarilah makanan tersebut. Sebab saat ia alergi terhadap susu sapi, maka ASI yang ia konsumsi tentu saja mengandung protein susu sapi. Hal inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan kolik. Sedangan seorang bayi yang tidak memperoleh ASI, Anda dapat memberikan susu formula lainnya seperti susu kedelai.

Memberikan susu botol dengan posisi tegak

Cara mengatasi kolik selanjutnya adalah dengan cara memberikan susu botol dengan posisi tegak. Jika si kecil minum susu formula Anda bisa memegang bayi Anda lebih tegak sepanjang menyusui agar susu formula atau ASI dapat lancar masuk ke dalam perut bayi. Jika bayi memiliki kebiasaan meringkuk atau membungkuk dapat menyebabkan udara masuk ke dalam perut dan bercampur makanan.

Membuat bayi bersendawa

Bersendawa adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kolik pada bayi. Hal ini dikarenakan sendawa dapat membantu mengeluarkan udara dalam perut bayi. Cara paling mudah untuk membuat bayi bersendawa adalah merubah posisi saat bayi minum susu.

Jangan memberikan makanan ketika bayi menangis

Ketika bayi menangis pastikan Anda tidak memberikannya makanan. Berikan makan atau susu pada bayi sebelum ia kelaparan dan menangis. Karena memberikan makanan ketika bayi menangis dapat menyebabkan udara masuk ke dalam perut bayi. Ketika minum susu, Anda bisa mematikan lampu kamar dan menyetel musik klasik untuk bayi agar ia lebih tenang.

Memijat bayi

Memijat atau menggosok perut bayi dengan lembut juga dapat membantu untuk mengeluarkan gas yang ada di dalam perut bayi. Caranya, letakkan bayi di lutut yang sudah diberikan alas. Letakkan bayi dengan posisi perut berada di bawah dan Anda bisa memijat punggungnya dengan lembut.

Mencoba situasi baru

Jika Anda berada di dalam ruangan, tak ada salahnya untuk membawa bayi Anda untuk berjalan-jalan. Pemandangan sekitar, bau dan nada dapat mengalihkan perhatian si kecil. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan karena tidak bagus untuk bayi.

Memandikan bayi

Memandikan bayi dengan air hangat juga dapat membantunya untuk mengatasi kolik. Air hangat dapat membuat bayi lebih nyaman dan juga rileks.

Berikan obat

Jika ingin memberikan obat-obatan tertentu pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Sehingga penanganan tersebut dapat membuat bayi lebih baik.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kolik pada bayi. Baca juga artikel mengenai Penyebab dan cara mengatasi penyakit kuning pada bayi.

apa itu kolik - kolik - kolik pada bayi - ciri ciri bayi kolik - ciri ciri kolik pada bayi - apa itu bayi kolik - mengobati kolik pada bayi - Cara mengatasi kolik - cara mengobati/menetralisir anak balita yang terpapar asap rokok - apakah arti dri kolik pd byi bRu lhr - cara menyembuhkan kolik pada bayi - cara mengatasi kolik pada bayi prematir - cara mengatasi kolik pada bayi - apa itu koli - apakah kolik -