Penyebab dan Gejala Usus Buntu

By Categories : Penyakit

Usus buntu atau appendiks merupakan salah satu organ yang ada di dalam tubuh manusia. Usus buntu sering dianggap tidak berguna bagi kesehatan dan metabolisme tubuh. Namun, opini tersebut salah besar salah satu manfaat dari usus buntu adalah untuk menyehatkan pencernaan. Hal ini karena, usus buntu merupakan salah satu organ penyimpanan bakteri baik yang membantu tubuh untuk memproses pencernaan makanan. Appendictis merupakan suatu kondisi di mana usus buntu mengalami pembengkakan dan terisi oleh nanah. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit usus buntu atau appendictis.

Penyebab dan Gejala Usus Buntu

Penyebab dan Gejala Usus Buntu yang Perlu Anda Ketahui

Bakteri

Salah satu penyebab dan gejala usus buntu ditimbulkan dari bakteri. Bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran cerna tersebut akan berkembang biak dengan cara membelah diri. Biasanya bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melaui makanan, dan juga kebersihan diri yang kurang terjaga.

Penyumbatan

Penyumbatan pada usus buntu merupakan hal utama yang menyebabkan penyakit ini. Hal ini karena sisa makanan yang Anda makan terjebak di dalam usus buntu yang kemudian mengeras.

Infeksi

Penyebab dan gejala usus buntu selanjutnya adalah infeksi. Infeksi pada usus buntu biasanya disebabkan oleh virus gastrointestinal. Selain infeksi, usus buntu juga disebabkan oleh pembengkakan. Baca juga Obat tradisional usus buntu.

Di atas adalah penyebab dari usus buntu. Setelah membahas tentang penyebab dari usus buntu kali ini akan dijelaskan tentang gejala yang sering dialami penderita usus buntu. Apa saja gejalanya? Berikut ulasannya!

Sakit pada Bagian Perut

Sakit pada bagian perut merupakan gejala utama yang sering dialami seseorang yang terkena penyakit usus buntu. Untuk mengetahui apakah Anda terkena usus buntu atau tidak, Anda dapat melakukan cara sederhana yaitu tekan bagian bawah kanan perut Anda, jika bagian yang Anda tekan terasa sakit segerlah perikakan ke dokter terdekat agar mendapatkan penangangan sedini mungkin. Hal ini karena bisa saja tanda tersebut dapat mengindikasikan Anda terkena usus buntu.

Mual dan Muntah

Gejala yang kedua adalah sering mual dan muntah. Jika Anda mengalami hal tersebut lebih dari 12 jam, segeralah untuk memerikasakan diri ke dokter. Tak hanya itu, selain mual dan muntah gejala usus buntu yang sering dialami penderitanya adalah perut kembung dan sering buang gas yang disertai dengan rasa sakit pada bagian perut.

Demam tinggi

Selain sakit perut, mual dan juga muntah, gejala usus buntu yang selanjutnya adalah demam tinggi. Jika demam tidak berangsur turun dan semakin parah, hal ini dapat artikan jika kondisi dan keadaan usus buntu pun semaki buruk.

Demikainlah ulasan tentang penyebab dan gejala usus buntu. Selain itu, kontipasi, bengkak pada daerah perut, hilang nafsu makan, nyeri pada perut, diare juga merupakan salah satu gejala dari usus buntu yang dapat Anda waspadai. Baca juga Penyebab dan penyakit demam berdarah.

usus buntu disebabkan oleh -