Penyebab dan Pengobatan Penyakit Demam Berdarah Yang Mematikan

By Categories : Penyakit

Penyebab penyakit demam berdarah adalah virus. Di dunia terdapat berbagai jenis virus yang menyebabkan penyakit demam berdarah, namun di Indonesia hanya dua jenis virus yang berkembang biak dengan baik yaitu virus Dengue dan virus Chikungunya. Dari kedua jenis virus tersebut, virus dengue menjadi penyebab hampir semua kasus demam berdarah.

Oleh sebab itu, kita lebih sering mendengar mengenai penyakit demam berdarah dengue (DBD) dibandingkan dengan penyakit Chikungunya. Meskipun demikian, keberadaan kedua jenis penyakit demam berdarah ini tidak bisa dianggap enteng karena bisa berujung pada kematian.

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

penyebab-pengobatan-penyakit-demam-berdarah

Virus demam berdarah dengue masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina dewasa. Nyamuk Aedes Aegypti betina membutuhkan darah manusia atau hewan agar mampu bertahan hidup dan juga berkembang biak.

Manusia yang tinggal di sekitar tempat nyamuk Aedes Aegypti tersebut bersarang akan mudah terinfeksi virus dengue. Orang dewasa yang terinfeksi mungkin akan terkena penyakit demam berdarah dengue ringan atau berat, tergantung daya tahan tubuhnya. Virus dengue tidak bisa berkembang biak apabila daya tahan tubuh manusia cukup kuat.

Pengobatan Penyakit Demam Berdarah

Sebaliknya apabila daya tahan tubuh rendah, misalnya seperti pada anak-anak, penyakit demam berdarah dengue ini dapat menjadi penyakit yang sangat serius dan dapat mematikan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengobatan penyakit demam berdarah dengue yang tepat.

Virus Dengue merupakan mikroorganisme yang hanya dapat berkembang biak di dalam sel hidup. Jika virus ini masuk ke dalam tubuh manusia, maka virus ini akan bersaing dengan sel tubuh manusia untuk mendapatkan protein. Bila daya tahan tubuh manusia yang terinfeksi virus dengue kurang baik, maka sel tubuhnya akan kalah dengan virus dengue tersebut.

Virus dengue akan merusak dan memakan sel-sel tubuh manusia sehingga fungsi tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Apabila daya tahan tubuh manusia membaik, maka ia akan sembuh dan tubuhnya memproduksi kekebalan terhadap virus dengue.

Seperti umumnya penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, penderita umumnya akan sembuh sendiri, tergantung pada daya tahan tubuhnya. Namun, gejala-gejala yang timbul akibat ulah virus dengue ini perlu diwaspadai. Jika tidak tertangani dengan baik, maka gejala-gejala ini lah yang bisa mengarah pada kematian penderita.

Gejala-gejala tersebut hampir mirip dengan gejala penyakit lain misalnya campak, tifus atau radang tenggorokan. Ini mengapa, pada banyak kasus DBD, penderita terlambat ditangani. Gejala paling awal pada penyakit ini adalah demam tinggi yang muncul sangat mendadak.

Apabila demam tersebut naik turun disertai lesu dan nyeri perut di sebelah kanan, maka perlu diwaspadai kemungkinan masuknya virus penyebab penyakit demam berdarah ke dalam tubuh. Penderita harus mendapatkan perawatan yang intensif pada tahap ini agar virus tidak terus berkembang biak.

penyebab dbd - pengobatan dbd - organisme penyebab penyakit demam berdarah - ciri kolesterol naik -