Penyebab Kaki Sering Kesemutan dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Hampir setiap orang sepertinya pernah mengalami kesemutan. Bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan adalah kaki. Kaki sering kesemutan biasanya terjadi karena duduk bersila terlalu lama ataupun ketika kaki tertindih. Namun Anda jangan khawatir, kesemutan yang seperti ini adalah normal dan tidak berbahaya, karena pada saat kaki tertindih ataupun saat duduk bersila terjadi tekanan pada pembuluh darah sistem saraf. Cara paling efektif untuk mengatasi hal ini adalah dengan meluruskan kaki.

Kaki Sering Kesemutan

Namun tak hanya itu saja penyebab dari kaki yang sering kesemutan. Kaki yang sering kesemutan juga dapat diakibatkan karena kondisi kesehatan yang bermasalah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab kaki kesemutan dan cara mengatasinya.

Inilah penyebab dan cara mengatasi kaki yang sering kesemutan

Malnutrisi

Penyebab yang pertama adalah karena malnutrisi. Malnutrisi sendiri yaitu kekurangan vitamin B, terutama vitamin B1, B6 dan juga B12. Gejala kesemutan yang disebabkan oleh hal ini adalah kesemutan terjadi pada kedua kaki. Cara mengatasinya pun sangat mudah, yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut ataupun dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin kompleks.

Diabetes

Diabetes juga dapat menjadi salah satu penyebab kaki kesemutan. Hal ini dikarenakan gula darah tinggi dapat merusak saraf-saraf tepi. Biasanya kesemutan yang disebabkan oleh diabetes, terjadi pada kedua kaki dan ujung-ujung jari dan disertai dengan gejala awal diabetes lainnya, seperti sering haus, sering buang air kecil, sering merasa lapar dan lainnya. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin, pola makan yang baik serta berolahraga secara teratur.

Saraf terjepit

Penyebab kaki sering kesemutan selanjutnya adalah karena saraf terjepit. Kesemutan yang terjadi akibat saraf terjepit biasanya terjadi pada salah satu kaki ataupun pada bagian tertentu sesuai dengan saraf yang terjepit. Selain kesemutan, bagian tubuh yang terkena saraf terjepit juga akan mengalami gejala lainnya seperti rasa kebas serta rasa nyeri pada area saraf yang terjepit. Jika kesemutan disebabkan oleh hal ini maka Anda harus berobat ke dokter untuk mendapatkan penangangan lebih lanjut.

Kecanduan alkohol

Berikutnya adalah karena alkohol. Seseorang yang sering mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kesemutan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan keusakan saraf yang ditandai dengan terjadinya kesemutan.

Penyakit Peripheral arteri

Peripheral artery disease (PAD) merupakan penyempitan dan penyumbatan arteri karena penumpukan kolesterol dan lemak  di dinding pembuluh darah arteri. Sehingga hal ini menyebabkan aliran darah yang menuju ke kaki tersumbat dan tidak lancar. Hal ini juga dapat menyebabkan saraf kekurangan oksigem dan nutrisi. Yang pada akhirnya hal ini menyebabkan kesemutan pada kaki.

Cara Mengetahui Penyebab Pasti dari Kesemutan

Selain karena kecanduan alkohol, saraf terjepit ataupun karena penyakit peripheral arteri, penyebab dari kesemutan juga dapat dipastikan dengan beberapa cara. Salah satunya yaitu  dengan menanyakannya ke dokter. Untuk memastikannya, beberapa tes mungkin dilakukan, mulai dari pemeriksaan cairan serebrospinal, tes MRI, biopsi saraf, tes darah dan elektromiogram.

Akan tetapi sebelum menjalani pemeriksaan medis, biasanya dokter akan menanyakan beberapa gejala yang Anda alami, kondisi lingkungan kerja, riwayat penyakit keluarga, riwayat kesehatan serta gaya hidup Anda. Setelah Anda didiagnosis pastinya akan lebih mudah untuk mengatasi kesemutan.

Sebagai contoh jika kesemutan disebabkan karena diabetes, maka dokter akan mengingatkan Anda untuk selalu mengontrol kadar gula dalam darah, menerapkan gaya hidup sehat ataupun dengan cara beraktifitas fisik.

Namun Anda jangan khawatir, karena tangan ataupun kaki sering kesemutan dapat diminimalisir dengan cara menerapkan pola dan gaya hidup yang lebih sehat, seperti olahraga secara teratur, menjaga berat badan agar lebih ideal, berhenti merokok, serta menghindari terpapar racun.

Cara mencegah kesemutan

  • Melakukan peregangan

Melakukan peregangan adalah cara paling efektif untuk mencegah kesemutan. Jika Anda seringkali duduk ataupun berdiri dalam jangka waktu yang lama, cobalah untuk menggerakkan badan dalam  beberapa menit. Anda bisa melakukan peregangan setiap satu jam sekali.

  • Menghindari alkohol

Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab kesemutan adalah kecanduan minuman beralkohol. Untuk itu, cara terbaik untuk mencegahnya adalah menghindari minuman beralkohol. Hal ini karena minuman beralkohol dapat menyebabkan defisiensi vitamin B, termasuk vitamin B1. Dimana fungsi dari vitamin tersebut adalah menjaga kesehatan jaringan saraf.

  • Memenuhi vitamin B1, B6, dan B12

Cara mencegah kesemutan selanjutnya adalah dengan cara memenuhi asupan vitamin B, terutama vitamin B1, B6 dan B12. Selain dapat melancarkan metabolisme tubuh, vitamin tersebut dapat menjaga jaringan saraf agar berfungsi dengan baik.

  • Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur juga dapat memberikan manfaat kesehatan. Selain dapat membuat tubuh rileks, mandi air hangat juga dapat membantu mengendurkan otot-otot tegang di tangan dan juga di kaki.

Nah itulah beberapa penyebab kaki sering kesemutan dan cara mengatasinya. Namun jika Anda mengalami kesemutan disertai dengan kelemahan di sisi tubuh, mati rasa, sakit kepala dan kesadaran menurun. Sebaiknya Anda segera minta tolong seseorang untuk  membawa ke dokter. Karena hal ini merupakan salah satu gejala dari penyakit stroke.

obat kaki kesemutan - kaki sering kesemutan - kaki kesemutan - penyebab kaki kesemutan - cara mengatasi kaki kesemutan - obat kesemutan kaki - cara mengatasi kesemutan - cara mengobati kaki kesemutan - cara mengobati kesemutan - mengatasi kaki kesemutan - cara menghilangkan kesemutan - makanan penyebab kesemutan - cara alami mengobati telapak kaki kesemutan - penyebab kaki sering kesemutan - obat kaki sering kesemutan -