Penyebab Keguguran Pada Kehamilan

By Categories : Kesehatan

Keguguran adalah masalah yang sangat ditakuti oleh kebanyakan wanita ketika dalam kondisi hamil. Keguguran dalam dunia medis merupakan aborsi spontan atau kehilangan janin dalam kandungan sebelum usia 20 minggu kehamilan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh March Of Dimes, terdapat 50% dari jumlah kehamilan yang ada di dunia ini berakhir dengan keguguran.

bnm

Dalam kasus keguguran ini diperkirakan sekitar 8-10 tesebut terjadi pada saat kehamilan memasuki tiga bulan pertama masa kehamilan. Adapun penyebab terjadinya keguguran banyak sekali, meskipun penyebab pastinya belum dapat diketahui namun para pakar memperkirakan adanya kasus keguguran ini terjadi disebabkan oleh keabnormalan pada kromosom bayi. Kondisi tersebut bisa menyebabkan janin tidak bisa berkembang secara normal dalam kandungan. Itulah penyebab keguguran pada kehamilan yang dipicu karena keabnormalan pada kromosom.

Tapi selain itu, sebenarnya masih banyak faktor yang disebabkan oleh keabnormalan kromosom, terdapat beberapa faktor lainnya yang dapat memicu terjadinya keguguran. Adapun penyebabnya adalah berikut ini!

Penyebab Keguguran Pada Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui

  • Adanya kelaianan rahim, kelainan yang sering kali terjadi pada wanita hamil adalah adanya miom atau tumor jaringan otot. Kondisi tersebut sangat membahayakan pada pertumbuhan embrio. Kelainan ini mengakibatkan rahim menjadi sangat lemah sehingga tidak mampu menahan berat rahim yang sedang berkembang.
  • Adanya penyakit jangka panjang, penyakit yang dimaksudkan pada saat ini adalah penyakit kronis yaitu adanya penyakit gangguan ginjal, hipertensi dalam kondisi yang sudah parah, lupus dan gonore atau sifilis.
  • Kelainan gen, kelainan gen merupakan salah satu penyebab keguguran pada kehamilan yang paling utama. Hal itu dikarenakan setiap manusia memiliki perbedaan gen, oleh karena pastikan Anda selalu rutin untuk memeriksakan kandungan Anda pada masa yang rawan sekitar tiga bulan ke atas pada dokter spesialis kandungan Anda.
  • Perubahan hormon, kondisi ini bisa disebabkan oleh fenomena alam seperti kondisi cuaca yang tidak menentu. Jika perubahan ini terjadi secara terus menerus, maka wanita memiliki kemungkinan besar mengalami keguguran.
  • Ketegangan dan kecemasan, ini juga bisa menyebabkan keguguran. Kedua sifat negatif tersebut seharusnya Anda hindari supaya tidak mengalami masalah keguguran. Hal itu bisa terjadi karena semakin Anda mendapati suatu ketegangan atau menjadi cermas yang tinggi memiliki potensi keguguran yang sangat besar.
  • Kelainan pada janin, penyebab keguguran pada kehamilan berikutnya adalah karena adanya kelainan pada janin, selain adanya kelainan pada rahim kelainan pada janin juga dapat menyebabkan keguguran. Kelainan pada janin disebabkan karena kelainan kromosom. Dan biasanya hal ini terjadi pada saat pembuahan, akibatnya embrio yang terbentuk cacar dan dikeluarkan tubuh.
  • Karena infeksi, seperti yang kita ketahui ibu hamil sangat rentan terhadap infeksi. Seperti virus TORCH, HIV, hepatitis dan lainnya. oleh karena itu ibu hamil harus sering mengecek kesehatannya pada masa kehamilan.
  • Gaya hidup, sering merokok dan minum alkohol merupakan salah satu gaya hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan keguguran. Namun tak hanya itu saja, gaya hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan obesitas. Obesitas sendiri dapat menyebabkan gangguan hormon yang akan berpengaruh buruk pada kehamilan. Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih dan ingin memiliki momongan, ada baiknya untuk melakukan program diet.
  • Usia ibu mengandung, wanita yang hamil pada usia diatas 35 tahun, sangat rentan mengalami keguguran.

Tips mencegah keguguran

Tips mencegah keguguran yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Beberapa makanan terbaik untuk ibu hamil yang dapat Anda konsumsi adalah makanan kaya asam folat, vitamin serta nutrisi. asam folat sangat penting untuk pertumbuhan dan pembentukan janin. Dalam sehari ibu hamil harus mengonsumsi asam folat 400 mg.

  1. Menghindari olahraga berat. Meskipun olahraga sangat dianjurkan, akan tetapi olahraga berat tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena berisiko membahayakan janin Anda. beberapa olahraga untuk ibu hamil yang dapat dilakukan adalah jalan kaki, berenang dan lainnya.
  2. Hindari mengonsumsi makanan penyebab keguguran. Berikutnya adalah dengan cara menghindari mengonsumsi makanan penyebab keguguran. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan keguguran adalah buah nanas, durian ataupun susu yang tidak terpasteurisasi.
  3. Tidak mengonsumsi obat terlarang. Jika sakit dan ingin minum obat, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  4. Menjaga berat badan tetap ideal.
  5. Menghindari paparan radiasi, seperti arsenik, timah, benzenna, etilen dan lainnya.

Nah itulah beberapa penyebab keguguran pada kehamilan. Keguguran bisa menjadi masalah emosional seorang ibu yang mengalaminya. Maka dari itulah orang tua terutama seorang ibu harus melakukan konseling dengan dokter agar tidak mengalami gangguan mental yang berlebihan. Selain itu jika Anda telah mengalami satu kali keguguran, maka jangan Anda lakukan kesalahan yang cenderung bisa membuat terjadinya keguguran kembali. Baca juga Tips bagi ibu hamil muda.

air daun sirih bisa menyebabkan keguguran - apakah mengonsumsi durian dalam masa hamil 20 minggu bisah menyebabkan keguguran? - bumil mengkonsumsi obat kaki gajah mengakibatkan keguguran apa tidak - daun suruh merah dapat menyebabkan keguguran - Daun yg bisa buat kegugu -