Penyebab Mata Katarak dan Cara Perlambat Munculnya Katarak

By Categories : Penyakit

Penyebab mata katarak adalah salah satu hal yang harus diketahui oleh setiap orang. Sebab gangguan pada mata ini dapat menyebabkan pandangan mata semakin tertanggu dan mempengaruhi jarak pandang mata. Untuk mengantisipasi agar tidak terkena katarak di kemudian hari, tak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini.

Katarak merupakan kekeuruhan pada lensa mata yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kekeruhan.  Jika dibandingkan dengan penyakit pada mata lainnya, katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Dan lebih dari 50% kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak. Berbeda dengan penyakit lainnya, katarak juga akan berkembang selama bertahun-tahun namun penderitanya tidak akan merasakan rasa sakit ataupun nyeri pada mata.

Gejala paling umum penyakit katarak adalah penglihatan tetap kabur meskipun sudah menggunakan kacamata. Tak hanya itu saja, katarak juga memiliki gejala-gejala lainnya yang perlu diwaspadai seperti mata akan lebih sensitif ketika terkena cahaya matahari, sulit melihat pada malam hari ataupun pada hari yang sangat terang, ukuran lensa kacamata sering berubah, warna yang terlihat menjadi tidak jelas atau memudar serta semua menjadi terlihat ganda.penyebab mata katarak yang lengkap

Jika tidak segera diatasi, penyakit ini tentu saja sangatlah berbahaya. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit degeneratif yang biasanya menyerang seseorang berusia lanjut. Umumnya katarak tidak bisa dicegah akan tetapi kemunculannya bisa diperlambat. Lalu apa saja penyebab dan bagaimana cara memperlambat munculnya katarak? Berikut ulasannya.

Penyebab Mata Katarak Pada Manula dan Cara Memperlambat Munculnya Katarak

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena katarak adalah:

  • Pernah mengalami cedera pada mata
  • Faktor usia
  • Kekurangan vitamin dan pola makan yang tidak sehat
  • Minum minuman keras secara rutin dalam setiap harinya
  • Memiliki riwayat penyakit katarak dalam keluarga
  • Merokok
  • Penyakit tertentu, seperti diabetes melitus

Menurut dokter spesialis mata, jika dibandingkan dengan penyebab lainnya, penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyebab yang dapat membuat seseorang mengalami mata katarak lebih cepat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kadar gula yang berlebih di dalam tubuh dapat mempengaruhi sel-sel lensa untuk bermigrasi.

Baca juga tips menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan terhindar dari kebutaan

Tak hanya katarak saja, diabetes melitus juga meningkatkan risiko seseorang mengalami retinopati diabetik yaitu penyakit yang menyerang retina mata yang juga bisa menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengontrol kadar gula darah Anda agar terhindar dari penyakit diabetes, katarak dan penyakit lainnya yang berbahaya.

Selain itu, mata yang terpapar sinar matahari untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami katarak. Seperti yang Anda ketahui Indonesia merupakan negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi negara tropis yang lebih banyak terpapar sinar matahari jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa. Penduduk Indonesia juga  cenderung terkena katarak 15 tahun lebih cepat dibanding dengan pendeuduk di daerah subtropik.

Nah itulah beberapa penyebab mata katarak yang perlu diketahui. Lalu bagaimana cara memperlambat munculnya katarak? Berikut penjelasannya.

Hindarkan Mata Terpapar Sinar Matahari

Cara yang pertama adalah menghindarkan mata dari paparan sinar UV terlalu lama. Sudah dijelaskan tadi bahwa sinar matahari merupakan penyebab utama dari katarak. Nah bagi Anda yang memang memiliki aktivitas outdoor sebaiknya gunakanlah kacamata UV untuk melindungi mata dari sinar matahari.penyebab mata katarak

Bagi Anda yang ingin sekedar keluar mencari suatu kebutuhan, Anda juga bisa menggunakan payung sebagai perlindungan. Sedangkan untuk para petani, pastikan Anda menggunakan caping untuk melindungi kepala dari dan mata dari paparan sinar matahari. Beberapa hal tersebut cukup efektif untuk memperlambat munculnya katarak.

Selalu Mengontrol Kadar Gula Darah

Cara yang kedua adalah dengan selalu mengonstrol kadar gula darah. Tak hanya dapat membuat sel-sel mata untuk bermigrasi, gula darah yang berlebih juga dapat mempercepat kekeruhan lensa jika Anda sudah terkena katarak. Jika sudah begini Anda harus memperhatikan dan mengurangi mengonsumsi asupan gula untuk mencegah kebutaan. Sebab, kekeruhan lensa tersebut semakin lama akan semakin menebal dan pastinya akan menganggu penglihatan.

Melakukan Operasi Katarak

Jika sudah terkena katarak, pengobatan yang terbukti paling efektif adalah operasi. Efek penyembuhan dari operasi juga sangat signifikan, terutama bagi penderita katarak yang sudah parah hingga menghambat kegiatan sehari-hari. Operasi katarak yang dilakukan akan mengangkat lensa keruh yang ada pada mata dan akan digantikan dengan lensa plastik bening.

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, operasi katarak tidaklah sakit, berlangsung cepat dan tingkat keberhasilannya pun sangat tinggi. Dan saat ini pun ada banyak sekali lembaga kesehatan yang mengadakan operasi katarak gratis. Sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai biaya yang akan dikeluarkan.

Jika Anda mengalami penglihatan menjadi semakin buram, silau saat melihat lampu hingga melihat malam lebih terang daripada siang sebaiknya Anda segera menghubungi dokter spesialis mata. Sebab hal tersebut juga merupakan gejala katarak yang perlu diwaspadai.

Baca juga inilah jenis makanan baik untuk sehatan mata

Demikianlah ulasan mengenai penyebab mata katarak dan cara memperlambat munculnya katarak yang perlu diketahui.

cara memperlambat ka -