Penyebab Penyakit Eksim dan Cara Mengobatinya

By Categories : Penyakit

Eksim atau yang sering disebut dengan esema atau dermatitis merupakan peradangan yang terjadi pada kulit hingga menyebabkan pembentukan lepuhan pada kulit atau gelembung kecil-kecil yang berisi nanah atau cairan. Seperti yang dijelaskan para ahli eksim merupakan sebuah kelainan kulit kronis yang terjadi pada jaringan kulit epidermis maupun dermis. Biasanya untuk orang yang terkena eksim cenderung memiliki wara kulit yang agak merah dan agak basah. Adapun gejala awal yang akan timbul ketika terkena eksim ini kulit akan lebih tebal, bersisik, kering dan kulit terasa sangat gatal dan pada umumnya eksim banyak terdapat pada bagian tangan, kepala, paha dan kaki.

Penyebab Penyakit Eksim

Sebelum Anda mengetahui lebih jauh tentang seluk beluk penyakit eksim dan cara pengobatannya, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui dahulu tentang apa saja yang dapat menyebabkan penyakit eksim itu sendiri. Karena penyakit eksim dapat menyerang siapa saja dari mulai anak berusia 2 tahun hingga dewasa. Maka dari itu Anda harus selalu waspada dengan cara mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit eksim.

Berikut Penyebab Penyakit Eksim

Terkait penyebab penyakit eksim secara spesifik saat ini belum diketahui secara pasti, namun menurut penelitian yang dilakukan para ahli menyatakan penyakit eksim ini bisa disebabkan karena daya tahan tubuh (imun) seseorang yang berlebihan. Selain itu bisa disebabkan karena faktor genetik dan kondisi lingkungan sekitar yang tidak sehat yang terkontaminasi bahan kimia seperti sabun, parfum, terkena asap rokok dan sering berada diruangan AC dengan suhu berada di bawah 18 derajat celsius.

Sedangkan eksim yang sering terjadi pada bayi atau anak yang berusia 2 tahun ini karena terjadinya perubahan dari segi makanan, susu formula, dan perubahan cuaca. Maka dari itulah sebagai orang tua kita selalu menjaga kondisi anak kita supaya dapat terhindar dari penyakit berbahaya yaitu penyakit eksim.

Penyakit ini memang sangat sulit untuk disembuhkan karena penyakit ini memiliki sifat yang dapat menular dari satu orang ke orang lain. Tapi Anda tidak perlu khawatir untuk itu. Karena berikut ini akan dijelaskan mengenai cara untuk mengobati penyakit eksim, berikut penjelasannya.

Cara Pengobatan Penyakit Eksim

Sekarang ini secara medis penyakit eksim hanya ditemukan obat yang dapat menahan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi yaitu krim atau lation yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau keradangan. Sedangkan untuk pengobatan secara alami Anda bisa memanfaatkan belerang dan bengkuang. Caranya cukup sediakan 3 sdm tepung belerang dan satu biji bengkuang yang sudah di lembutkan. Setelah itu campurkan secara merata dan oleskan pada kulit yang terasa gatal akibat terkenan penyakit eksim.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab penyakit eksim dan cara pengobatannya. Baca juga artikel terkait mengenai Obat tradisional gatal kulit akibat alergi.

penyebab penyakit eksim - penyebab eksim - penyakit eksim - akibat terjadinya eksim - penyebab penyakit e - penyebab terjadinya penyakit eksim dan cara menyembuhkannya -