Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya

By Categories : Penyakit

Penyakit lupus adalah penyakit outoimun atau penyakit menyerang sistem kekebalan tubuh, jaringan dan organ tubuh secara terus menerus sehingga menimbulkan peradangan kronis. Atau penyakit ini sering disebut dengan penyakit peradangan kronis autoimun. Peradangan yang disebabkan oleh lupus biasanya banyak menyerang bagian tubuh seperti persendian, kulit, ginjal, sel darah, jantung, otak dan masih banyak lagi lainnya.

Penyakit ini ini bukanlah penyakit menular dan sampai saat tim medis masih memperdebatkan penyebab penyakit lupus. Hal ini dipicu karena penyakit lupus memiliki kesamaan dengan beberapa gejala yang sama dengan penyakit lainnya sehingga menyebabkan penyakit ini sulit untuk dikenali. Namun sebagian besar penderita penyakit lupus akan timbul gejala bercak merah yang berbentuk menyerupai sayap kupu-kupu pada bagian wajah.

Penyebab penyakit lupus
Penyakit lupus ini lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Entah apa apa yang menjadi alasannya, namun dari data penderita penyakit lupus menunjukkan penderitanya kebanyakan wanita. Penyakit lupus itu sendiri terdapat empat jenis diantaranya lupus systemic, lupus erythematosus, discoid lupus erythematosus, drug-induced lupus erythematosus dan neonatal lupus. Nah untuk ke empat jenis lupus diatas yang paling umum di alami oleh penderita adalah systemic lupus erythematosus.

Inilah Penyebab Penyakit Lupus

Berkaitan dengan penyebab umum penyakit lupus itu sendiri masih ada hubungannya dengan aotoimun. Aitoimun ini terjadi karena disebabkan tubuh tidak mampu menangkal bakteri jahat. Bakteri jahat itu sendiri berupa virus atau kuman yang berpotensi menyerang sistem kekebalan tubuh. Meskipun sampai sekarang belum ada kepastian penyebab dari penyakit lupus secara detail, namun terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit lupus diantaranya sebagai berikut :

  1. Faktor genetik, faktor pertama yang dapat memicu terjadinya penyakit lupus adalah faktor genetik. Seperti penjelasan di atas bahwa penyebab dari penyakit lupus belumk dapat di ketahui secara pasti namun sebagian besar orang yang menderita penyakit ini juga salah satunya dipicu karena faktor genetik.
  2. Sinar matahari, selain itu sinar matahari juga bisa memicu penyakit lupus. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat membawa lesi kulit lupus dan merespon secara internal pada kulit seseorang.
  3. Mengonsumsi obat-obatan, pemicu penyakit lupus yang terakhir adalah karena mengonsumsi obat-obatan. Seperti misalnya obat antibiotik, anti kejang dan beberapa obat tekanan darah.

Gejala Penyakit Lupus Paling Umum

Nah itulah beberapa penyebab penyakit lupus. Lalu apa gejalanya? Umumnya gejala penyakit lupus erimatosus sistemik (Systemic Lupus Erythematosus) (SLE) sangatlah beragam. Hingga saat ini banyak sekali penderita SLE yang merasakan beberapa gejala ringan, akan tetapi ada pula yang tiba-tiba mengalami serangan parah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa gejala penyakit lupus yang perlu diketahui.

1.Ruam pada kulit

Ruam pada kulit merupakan gejala paling umum yang menjadi ciri khas dari penyakit ini. Biasanya ruam tersebut menyebar pada batang hidung dan kedua pipi. Gejala ini dikenal dengan istilah ruam kupu-kupu. Selain pipi  dan hidung, bagian tubuh lainnya yang mungkin ditumbuhi oleh ruam adalah pergelangan tangan dan tangan. Ruam akibat penyakit ini tidak dapat dihilangkan dan akan membekas secara permanen. Jika terpapar sinar matahari ruam tersebut akan bertambah parah.

2. Rasa lelah yang berlebihan

Selain ruam pada kulit, rasa lelah yang berlebihan dan ekstrem juga gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita SLE. Rasa lelah ini tentunya dapat menghambat segala macam aktivitas dan dapat berdampak negatif pada kehidupan mereka. Mereka tidak bisa bekerja, mengerjakan tugas rumah tangga. Dan meskipun tengah beristirahat rasa lelah tersebut pun tak akan hilang.

3. Nyeri pada persendian

Gejala penyakit lupus berikutnya adalah nyeri pada persendian. Anggota tubuh yang biasanya mengalami hal ini adalah persendian tangan dan kaki. Akan tetapi rasa nyeri tersebut bisa saja berpindah ke sendi lainnya. Akan tetapi jangan khawatir, karena penyakit SLE ini tidak menyebabkan kerusakan permanen pada persendian.

Gejala yang mungkin menyertai penyakit ini

Tak hanya ketiga gejala itu saja, umumnya penderita SLE memilili gejala yang berbeda-beda, ada yang ringan dan ada juga yang berat. Berikut adalah gejala lanjutan yang kemungkinan dialami oleh penderita penyakit lupus, yaitu sakit kepala, rambut rontok, sariawan yang terus muncul, demam tinggi, hilang ingatan, mata kering, pembengkakan kelenjar getah bening dan juga sakit dada.

Pengobatan Penyakit Lupus

Setelah dijelaskan mengenai penyebab dan gejala penyakit lupus, maka selanjutnya adalah mengenai pengobatan penyakit lupus. Pengobatan penyakit lupus ini hanya dapat mengontrol dan mengurangi perkembangan lupus. Diantaranya menggunakan obat kotikosteroid (anti peradangan), obat siklofosfamid (penekan kekebalan tubuh), obat hydroxychloroquine dan Obat anti-inflammatory non steroid (NSAID=non steroid anti-inflammatory drugs) yang berfungsi meredakan nyeri, pembengkakan dan demam akibat penyakit lupus yang di derita.

Demikian penjelasan mengenai penyebab penyakit lupus dan pengobatannya. Baca juga artikel ini Penyebab Penyakit Kaki Gajah dan Pencegahannya

penyebab penyakit lupus - penyebab luppus - penanganan penyakit lupus - pengertian penyakit sistemik Lupus erythematosus - penyebab lupus - penyebab lupus erythematosus -