Penyebab Perut Berbunyi, Belum Tentu Kerena Lapar

By Categories : Kesehatan

Mungkin terkadang Anda bertanya-tanya ketika perut Anda berbunyi dan apa penyebabnya? Berikut akan dijelaskan mengenai penyebab perut berbunyi tapi belum tentu karena lapar. Perut berbunyi memang sering kali identik dengan rasa lapar atau perut dalam keadaan kosong. Selain itu perut berbunyi atau disebut juga dengan keroncongan tentu sangat menggangu, dan untuk penyebabnya sendiri adalah terjadinya proses gerakan dari perut dengan usus kecil atau bisa juga berasal dari tabung pencernaan.

Penyebab Perut Berbunyi,

Yang harus Anda ketahui tabung pencernaan itu sendiri merupakan tabung panjang yang dimulai dari mulut dan berakhir pada anus. Untuk fungsi tabung pencernaan adalah menghubungkan berbagai macam organ dan bagian-bagian lainnya yang berhubungan langsung dengan sistem pencernaan dalam tubuh. Cara pendorongan makanan menuju tabung pencernaan itu sendiri melalui proses gelombang kontrasi otot yang bergerak secara terus menerus menuju tempat pencernaan yang disebut dengan gerakan peristaltik. Gerakan tersebut bisa menyebabkan perut berbunyi atau keroncongan namun bunyi tersebut bukan karena lapar melainkan karena gerakan antara benda padat, cairan chyme serta adanya gas atau udara dalam perut. Baca juga Olahraga mengecilkan perut.

Dengan ini bisa disimpulkan bahwa penyebab perut berbunyi itu bukan berarti menandakan jika Anda lapar. Karena bisa jadi itu karena proses gerakan peristaltik atau pengolahan makanan di dalam tabung pencernaan dalam tubuh. Setelah 10-20 menit terjadinya pergerakan peristaltik maka otak akan secara langsung merespon kiriman pesan dari otot yang di mana perut akan merasa lapar kembali hingga sampai perut akan terisi oleh makanan.

Nah itulah proses yang terjadi dalam sistem pencernaan yang menjadi penyebab perut berbunyi. Sekarang tentu Anda sudah tahu penyabab yang memicu perut menjadi kerocongan namun bukan lapar. Selanjutnya apakah Anda bisa mencegahnya? Tentu saja bisa, cukup Anda selau perhatikan makanan yang hendak Anda konsumsi. Usahakan jangan terlalu banyak mengosumsi makanan yang bayak mengandung gas dan banyak lemak. Contoh jenis makanan tersebut adalah sayur sawi, kubis, coklat, keju dan masih banyak lagi. Maka dengan begitu sistem pencernaan akan memiliki kesempatan sedikit untuk menghasilkan gerakan peristaltik.

Saat ini terdapat beberapa kasus di mana sering mengalami perut keroncongan setiap saat, padahal perut sendiri tidak dalam kondisi lapar. Itu bisa jadi pertanda bahwa perut sedang bermasalah atau dalam sistem medis disebut dengan sindrom iritasi usus/perut( Irritable Bowel Syndrome), dispepsia, gangguan potologis dan lain sebagainya. Untuk kasus ini biasanya juga disertai dengan keluhan pada daerah gastrointestinal seperti mengalami susah buang air besar, nyeri perut, dan sering mual. Jika sudah ditandai seperti itu maka segerahlah untuk memeriksakan ke dokter agar tidak semakin parah. Baca juga Makanan untuk tekanan darah rendah.

penyebab perut bunyi - perut bunyi - Perut sering bunyi - penyebab perut berbunyi - perut berbunyi - perut bunyi terus - kenapa perut berbunyi - penyebab perut sering bunyi - perut bunyi saat hamil - kenapa perut sering bunyi - kenapa perut bunyi - perut sering berbunyi - perut bunyi terus padahal sudah makan - perut sering berbunyi tanda penyakit apa - penyebab perut sering berbunyi -