Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

By Categories : Kesehatan

Sakit pinggang adalah masalah umum yang sering dialami oleh setiap kalangan, baik muda maupun tua, biasanya orang hanya menganggap bahwa sakit pinggang sebelah kiri adalah hal biasa terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat dan sering melakukan aktivitas lainnya, namun tahukah Anda sakit pinggang tak hanya disebabkan karena terlalu sering mengangkat beban, sakit pinggang sebelah kiri juga dapat mengindikasikan seseorang mengalami masalah kesehatan lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu Anda ketahui.

penyebab sakit pinggang

Beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Infeksi ginjal

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang pertama adalah dikarenakan adanya infeksi ginjal sebelah kiri pula. Infeksi tersebut biasanya dimulai dari kandung kemih yang kemudian naik ke ginjal. Sehingga hal ini menyebabkan ginjal meradang dan juga pastinya akan menimbulkan sakit pinggang di sebelah kiri. Selain sakit pinggang, demam juga menyeratai gejala dari infeksi tersebut. Jika Anda mendapati gejala ini segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan intensif.

Batu ginjal

Sakit pinggang sebelah kiri juga dapat disebabkan karena batu ginjal. Jika Anda mengalami ini, tak hanya sakit pinggang sebelah kiri saja Anda juga akan mengalami rasa sakit di sekitar perut bagian bawah, bagian paha dan selalu ingin buang air kecil. Pasien juga akan menjumpai adanya batu kecil yang keluar bersama dengan urinnya. Ketika Anda ataupun sanak saudara Anda mengalami hal ini pastikan selalu mengonsumsi air putih secara rutin dan teratur, karena jika tubuh selalu terhidrasi ini akan membatu batu-batu tersebut keluar melalui urine.

Kista ovarium

Selanjutnya adalah disebabkan karena adanya kista ovarium. Selain dapat menimbulkan rasa sakit perut bawah sebelah kiri atau kanan, kista ovarium juga merupakan penyebab dari sakit pinggang sebelah kiri. Hal ini tergantung ovarium mana yang terdapat kista tersebut.

Strain

Strain juga dapat diartikan sebagai ketegangan, keseleo ataupun cidera pada pinggang sebelah kiri. Biasanya strain terjadi karena terlalu sering mengangkat benda berat, terjatuh ataupun posisi tidur yang salah. Penyakit ini pun dapat tiba-tiba memburuk karena penderinya batuk, bersin, tertawa serta gerakan lainnya. Jika Anda mengalami hal ini, cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan beristirahat dan dengan mengompresnya menggunakan air dingin.

Herniated disc dan sciatica

Sepeti yang Anda ketahui antara tulang-tulang belakang manusia memiliki struktur yang memberikan bantalan yang disebut dengan disc atau diskus. Diskus tersebut, seiring berjalannya waktu dapat menyusut, pecah dan juga menonjol (herniated disc atau HNP). Jika tidak segera diatai tentunya hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa pada pinggang. Dan ketika diskus tersebut mulai menenak saraf sciatic, maka kondisi ini disebut dengan sciatica atau yang lebih sering disebut dengan saraf kejepit.

Itulah beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu diketahui. Baca juga artikel mengenai Timbulnya sakit kepala sebelah kiri.

sakit pinggang sebelah kiri - sakit pinggang sebelah kiri tanda hamil - sakit pinggang sebelah kiri apakah tanda hamil - sakit pinggang kiri - penyebab sakit pinggang sebelah kiri - obat sakit pinggang sebelah kiri - pinggang kiri sakit - pinggang sebelah kiri sakit - nyeri pinggang sebelah kiri - sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang - nyeri pinggul sebelah kiri pada wanita - pingang terasa linu - sakit pinggang sebelah kiri apakah randa hamil ?? - sakit pinggang sebelah kiri tanda hamil - sakit pd pinggang kiri be -