Sariawan di Lidah dan Sekitar Mulut? Obati Dengan Cara Ampuh Ini

By Categories : Kesehatan

Sariawan di lidah dan sekitar mulut merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Maka jangan heran jika banyak orang yang menanyakan cara ampuh mengatasi sariawan baik di lidah dan sekitar mulut. Nah bagi Anda yang sedang mencari cara yang tepat untuk mengatasi sariawan, Anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Sariawan merupakan infeksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur. Ciri-ciri umum seseorang mengalami sariawan adalah bentuknya tampak seperti luka yang berselaput keputih-putihan yang biasa terjadi di lidah. Namun tak hanya di ludah saja, sariawan juga dapat timbul di sekitar mulut lainnya seperti di pipi bagian dalam, gusi dan bagian belakang tenggorokan.

Jika tidak segera diatasi seseorang yang mengalami sariawan tentu saja sangat terganggu dan tersiksa. Karena tak hanya merasakan sakit dan perih saja, seseorang yang mengalami sariawan juga sering kehilangan nafsu makan. Sebelum membahas mengenai cara mengatasinya, tak ada salahnya jika Anda mengetahui apa saja hal yang menyebabkan sariawan.sariawan di lidah

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah ini, seperti  menyikat gigi terlalu keras, sistem kekebalan tubuh yang melemah, kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah beberapa pengobatan sederhana paling ampuh yang dapat Anda coba untuk mengatasi sariawan.

Cara Ampuh Mengatasi Sariawan di Lidah dan Sekitar Mulut yang Tepat

Berkumur Dengan Air Hangat

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Air garam yang Anda gunakan merupakan cara efektif untuk mengatasi sariawan. Hal ini dikarenakan air garam memiliki sifat anti bakteri yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan serta dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap malam sebelum tidur hingga sariawan sembuh total.

Baca juga obat sariawan alami yang tepat dan paling ampuh

Kunyah Daun Basil

Cara yang kedua adalah dengan mengunyah daun basil. Daun basil telah dikenal sejak zaman dahulu untuk pengobatan kuno. Daun basil kaya vitamin seperti vitamin A, vitamin B serta vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit, salah satunya yaitu sariawan. Tak hanya itu saja, daun basil juga memiliki sifat anti bakteri dan sifat anti inflamasi yang memberikan manfaat untuk mempercepat proses penyembuhan seseorang jika mengalami gangguan kesehatan.

Caranya pun sangat mudah, siapkan beberapa daun basil yang sudah di bersihkan kemudian kunyah daun tersebut hingga halus. Setelah itu Anda bisa membuangnya. Atau Anda bisa memanfaatkan basil untuk pembuatan teh, jus dan bahkan salad serta masakan.

Berkumur Dengan Minyak Kelapa

Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut saja, minyak kelapa juga berguna untuk membunuh bakteri, termasuk bakteri di dalam mulut penyebab sariawan dan bau mulut. Untuk mendapatkan minyak kelapa caranya pun sangat mudah Anda bisa membelinya di  toko herbal terdekat atau Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya parut kelapa yang sudah tua lalu rebus santan dengan air kelapa di sebuah wajah dan aduk-aduk hingga menjadi minyak.

Anda bisa berkumur atau mengoleskan sedikit minyak kelapa tersebut dengan menggunakan cotton bud pada lidah ataupun gusi yang sariawan. Lakukan kegiatan ini sehari dua kali untuk mempercepat proses penyembuhan.Sariawan di Lidah dan Sekitar Mulut Obati Dengan Cara Ampuh ini

Mengonsumsi Tomat

Cara mengatasi sariawan di lidah dan sekitar mulut selanjutnya adalah dengan mengonsumsi tomat. Sama seperti daun basil, tomat juga kaya akan vitamin yang dapat mengatasi masalah yang satu ini. Kandungan vitamin C pada buah tomat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda agar tidak mudah terkena penyakit. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi jus tomat yang enak dan menyegarkan.

Minum Yoghurt Tanpa Pemanis

Jika tubuh mulai mengalami penurunan kekebalan, mengonsumsi yoghurt adalah pilihan yang tepat untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Sebab yoghurt tanpa pemanis yang mengandung bakteri lactobacillus acidophilus dapat mengembalikan bakteri baik dalam tubuh. Sehingga bakteri jahat dalam tubuh dapat diperangi dengan baik.

Batasi Asupan Gula

Bagi Anda yang sudah melakukan berbagai cara mengatasi sariawan namun masih belum sembuh juga, mungkin Anda harus memperhatikan pola makan yang diterapkan. Jika Anda penyuka makanan manis,sebaiknya hindari  makanan tersebut karena dapat mendorong perkembangan dan pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Namun jika masih tetap ingin mengonsumsinya, pastikan Anda selalu berkumur dan menggosok gigi setelah memakannya. Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko  terkena masalah lain seperti  sakit gigi, gigi berlubang dan lainnya.

Baca juga cara mengatasi bau mulut tak sedap secara alami yang tepat

Demikianlah ulasan mengenai cara yang tepat dan ampuh mengatasi  sariawan di lidah dan di sekitar mulut.