Selain untuk Sayur, Inilah Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang seringkali dikonsumsi oleh setiap orang. sama seperti namanya, labu siam sendiri merupakan sayuran yang berasal dari Siam, Thailand. Umumnya bentuk dari labu siam hampir mirip seperti buah pear. Sayuran yang sering disebut dengan nama Jiang di wilayah Jawa ini juga memiliki beberapa manfaat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Florida, Amerika menyatakan bahwa labu siam kaya akan vitamin. Vitamin dalam sayuran ini tentu saja sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

manfaat labu siam

Beberapa kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam labu siam antara lain, vitamin A, B, C, E, K, serat, karbohidrat, sodium, protein, asam folat, zat besi, magnesium, zinc, selenium, mangan dan masih banyak lagi. Lantas apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Khasiat labu siam lengkap dengan kandungan nutrisinya

Mencegah bayi lahir cacat

Manfaat yang pertama adalah dapat mencegah bayi lahir cacat. Bagi ibu hamil tentu saja tak ada salahnya untuk mengonsumsi sayuran ini. Karena kandungan vitamin B kompleks yaitu asam folat memiliki fungsi penting dalam mencegah bayi lahir cacat. Dalam 100 gra, labu siam mengandung 23% kebutuhan folat yang dianjurkan.

Mengatasi dan mencegah sembelit

Seperti yang Anda ketahui labu siam kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam labu siam pastinya dapat mengatasi dan mencegah Anda sembelit atau susah buang air besar. Mulailah untuk menambahkan labu siam ke dalam menu makanan Anda untuk memenuhi asupan serat yang diperlukan oleh tubuh.

Menurunkan kolesterol

Manfaat labu siam selanjutnya adalah dapat menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan labu siam tidak mengandung lemak jenuh serta labu siam juga memiliki jumlah kalori yang sedikit. Oleh karena itu sayuran ini tentu saja sangat baik dikonsumsi oleh penserita kolesterol tinggi. Tak hanya itu saja labu siam juga salah satu makanan terbaik untuk penderita tipes.

Anti kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat membahayakan. Karena gejalanya yang tiba-tiba sehingga sulit untuk dideteksi. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit ini mulailah menerapkan gaya hidup sehat. Selain berolahraga, mengonsumsi makanan sehat bergizi juga dapat  mencegah penyakit ini.  Labu siam kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit ini.

Menurunkan hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga salah satu masalah kesehatan yang berbahaya. Karena jika tidak diatasi penyakit ini dapat memicu penyakit jantung hingga stroke. Sebuah penelitian di Pedue University menyatakan bahwa teh herbal yang dibuat dari daun labu siam mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu saja teh tersebut juga dapat mengatasi pengerasan pembuluh darah arteri, melarutkan batu ginjal hingga mengobati ateroskleroris.

Mencegah anemia

Manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah mencegah anemia. Anemia atau kurang darah disebabkan karena seseorang kekurangan vitamin B2 dan zat besi. Namun Jangan khawatir, karena Anda bisa mencegah anemia dengan cara mengonsumsi labu siam. Labu siam kaya akan vitamin B2 dan zat besi yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh yang dapat mencegah penyakit tersebut.

Mencegah penyakit jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Selain berolahraga yang mengurangi makanan berkolesterol, mengonsumsi labu siam juga dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan vitamin C dalam sayuran ini sangat berguna sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas, salah satunya yaitu penyakit jantung.

Saran penyajian labu siam

  1. Siapkan satu buah labu siam, cuci hingga bersih dan kupas. Setelah itu potong labu siam dengan bentuk memanjang, bersihkan dan tiriskan.
  2. Siapkan campuran seperti udang dan bersihkan dan siapkan bumbu seperti cabai merah, lengkuas, kunyit, gula, garam, kemiri dan bawang merah serta bawang putih. Haluskan bumbu.
  3. Setelah itu tumis bumbu hingga harum lalu masukkan labu siam dan udang. Masukkan santan dan tunggu hingga mendidih.
  4. Sajikan dengan nasi hangat ataupun dengan lontong.

Efek samping labu siam

Meskipun memiliki manfaat, labu siam juga memiliki efek samping jika disajikan dalam takaran yang berlebihan. Ketika mengupas labu siam, ada hal yang harus Anda perhatikan, yaitu getah yang ada di kulitnya dapat menyebabkan rasa gatal pada tangan ataupun jari. Tak hanya itu saja tangan yang memegang labu siam juga dapat mengalami mati rasa. Hal ini karena getah dalam labu siam mengandung sejenis zat yang bersifat anestesi.

Namun Anda jangan khawatir, karena efek tersebut hanya terjadi sementara. Sehingga Anda harus mencuci tangan hingga bersih setelah mengupasnya. Tak usah takut dengan efek samping yang ditimbulkan, karena pengolahan dengan cara yang tepat dan takaran yang pas labu siam memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat labu siam untuk kesehatan.

efek samping labu siam - efek samping labu siam -