Sudah Tahu Kebutuhan Protein Harian Anda?

By Categories : Kesehatan

Tercukupinya kebutuhan protein harian seseorang sangatlah penting untuk diperhatikan sebab sedikit banyak asupan protein yang ada setiap harinya dapat mempengaruhi proses metabolisme dan kesehatan orang tersebut. Kurangnya asupan protein harian dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan berat badan yang signifikan, dehidrasi akut, kerontokan rambut, kulit berkurang kekencangannya, dan bahkan dapat mempengaruhi kestabilan emosi sang penderita. Sebaliknya, kelebihan jumlah protein setiap harinya juga dapat memicu berbagai masalah, diantaranya adalah resiko menderita obesitas, gangguan ginjal, kekurangan kalsium, dan bahkan memicu terjadinya osteoporosis.

Dengan mengetahui resiko di atas, tentunya kini kita sependapat bahwa memastikan tercukupinya kebutuhan protein harian tanpa berlebihan asalah sesuatu yang penting dan layak untuk kita perhatikan. Jadi mulai sekarang hendaknya Anda lebih berhati-hati dalam mengatur asupan makanan harian dan pastikan kebutuhan protein harian Anda benar-benar tercukupi dan seimbang. Baca juga Tips menjaga kadar kolesterol.

kebutuhan protein harian
Lalu berapakah kebutuhan protein harian kita? Well, perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan protein harian setiap orang berbeda-beda tergantung pada berat badan dan jenis aktifitas harian yang kita jalani. Sebagai contoh, bagi rata-rata orang yang menjalani aktifitas harian biasa-biasa saja, kebutuhan protein hariannya adalah sekitar 1 gram / kg berat badan. Harap diingat bahwa berat badan disini adalah murni tanpa lemak. So, jika berat seseorang adalah 70kg dengan massa lemak 10%, maka berat yang dihitung adalah 70-(70×10%) = 63kg. Jadi kebutuhan protein harian orang tersebut adalah 63 gram per-hari. Dan jika orang tersebut makan 3 kali sehari, maka setiap kali makan setidaknya dia harus mengkonsumsi 63/3 = 21gram protein. Untuk sumber proteinnya, bisa dipilih sesuai dengan selera, yakni bisa dari telur, daging, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Satu lagi yang harus diingat bahwa kandungan protein di setiap makanan berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk satu butir telur mengandung 6 gram protein, yang mana itu berarti untuk memenuhi 21 gram protein setiap sesi makan, maka dibutuhkan 3,5 butir telur. Atau juga bisa dikombinasikan antara telur dengan daging, tentunya dengan terlebih dahulu dihitung jumlah protein yang terkandung agar sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

Sedangkan bagi mereka yang memiliki aktifitas harian cukup berat, seperti rajin ke gym, latihan olahraga, atau bekerja berat, maka kebutuhan protein harian mereka adalah 1,5 hingga 2 gram / kg berat badan. Ini berbeda sebab dengan melakukan olahraga berat tentunya dibutuhkan pula asupan protein yang lebih tinggi untuk menjaga metabolisme tubuh mereka nantinya. Dan bila olahraga berat tidak diimbangi dengan suplai protein yang memadai maka dikhawatirkan akan merusak otot tubuh yang sudah terbentuk. Anda tidak mau kan usaha keras Anda untuk membentuk otot jadi hancur hanya gara-gara tidak tercukupinya kebutuhan protein harian Anda?

kebutuhan protein - kebutuhan protein per hari - kebutuhan protein harian - kebutuhan protein perhari - kebutuhan protein dalam sehari - kebutuhan protein sehari - kebutuhan protein manusia per hari - kebutuhan protein manusia - kebutuhan protein tubuh - kebutuhan protein orang dewasa - asupan protein per hari - jumlah protein yang dibutuhkan tubuh - kebutuhan protein fitness - kebutuhan protein setiap hari - kebutuhan protein bagi tubuh -