Susah Tidur Saat Hamil? Atasi dengan Cara yang Satu Ini

By Categories : Kesehatan

Tidur merupakan salah satu cara agar tubuh lebih fresh dan segar di pagi hari. Namun bagaimana jika ibu hamil susah tidur? Tentu saja hal ini dapat membuat kondisi kesehatannya dan janinnya semakin menurun. ketika hamil, salah satu hal yang sering dikeluhkan para ibu hamil adalah tidak bisa tidur. Hal ini dikarenakan perutnya yang semakin membesar, gerakan bayi dalam kandungan dan lainnya. tak hanya susah tidur, insomnia jua dapat terjadi pada ibu hamil.

susah tidur saat hamil

Selain bertambahnya usia kehamilan, menurut dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, penyebab susah tidur atau insomnia adalah karena faktor psikis, faktor fisik dan bahkan kedua faktor tersebut. Faktor fisik misalnya saja kapasitas kandung kencing yang terdesak karena besarnya rahim. Hal ini menyebabkan ibu menjadi lebih sering bangun untuk buang air kecil di malam hari. Selain itu, gerakan janin yang seringkali mengagetkan  ibu juga dapat membua ibu hamil terbangun di malam hari.

Faktor lain yang dapat membuat ibu hamil mengalami insomnia adalah karena adanya perubahan hormon, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kecemasan dan kondisi emosional. Lantas bagaimana cara mengatasi insomnia saat hamil? Berikut ulasannya.

Cara mengatasi susah tidur saat hamil paling ampuh

Hindari kafein

Yang pertama adalah dengan cara menghindari kafein. Seperti yang kita ketahui kafein seringkali digunakan untuk seseorang yang ingin selalu terjaga. Sehingga ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi segala macam makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, cokelat dan asupan lainnya

Melakukan aktivitas ringan

Yang kedua adalah dengan cara melakukan aktivitas ringan dan sebaiknya hindari terlalu banyak berbaring ataupun melakukan apapun. Selain dapat membuat lebih sehat, bergerak dengan cara melakukan aktivitas ringan juga dapat mengatasi hal ini.

Hindari stres dan cemas

Cara mengatasi susah tidur saat hamil adalah dengan menghindari stres dan cemas. Ketika hamil stres pastinya akan dialami oleh setiap ibu, namun tahukah Anda bahwa hal ini juga merupakan salah satu pemicu insomnia. Oleh karena itu para ibu hamil sebaiknya menghindari hal ini. untuk mengatasi stres saat hamil caranya pun mudah, yaitu dengan cara melakukan meditasi, melakukan hal yang disukai ataupun berbicara dengan teman atau keluarga.

Mendengarkan musik

Selain dapat menenangkan bayi, manfaat mendengarkan musik klasik bagi ibu hamil juga dapat membuat ibu menjadi lebih tenang, rileks dan nyaman. selain musik klasik, Anda pun dapat memilih musik yang sekiranya dapat memberikan ketenangan bagi Anda.

Nah itulah beberapa cara mengatasi susah tidur saat hamil. meskipun tidak terlalu berbahaya, akan tetapi efek susah tidur dalam jangka waktu yang panjang juga dapat mempengaruhi perkembangan janin. Karena hal ini juga menyebabkan kurangnya asupan makanan dan minuman ibu.

Baca juga  ibu hamil minum kopi, aman atau bahaya?

Loading...