Tips Melancarkan Buang Air Besar

By Categories : Kesehatan

Lancar buang air besar merupakan kunci utama untuk memulai hidup sehat. Dengan buang air besar yang teratur dan lancer, maka hal tersebut merupakan perlambang akan proses pencernaan dan metabolisme yang berjalan dengan sempurna. Seyogyanya setiap orang membuang air besar 1 kali setiap hari. Dan kebanyakan orang lebih nyaman melakukannya di pagi hari sebelum mereka memulai aktifitas. Namun karena berbagai hal, banyak orang merasa kesulitan mengatur jadwal buang air besar. Tidak akan terasa nyaman kan, apabila perut kita tidak kompak dan mulai terasa mulas pada saat kita sedang presentasi di kantor, atau sedang menghandle pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan? Bahkan tidak sedikit pula orang yang mengalami kesulitan buang air besar hingga berhari-hari bahkan seminggu lebih. Biasanya kasus tersebut kita sebut sebagai sembelit. Dan semoga tips melancarkan buang air besar di bawah ini bisa membantu Anda

Tips Melancarkan Buang Air Besar
Tips #1: Cara mengatasi sembelit atau susah buang air besar yang paling popular dan mungkin sudah Anda ketahui ialah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Logikanya, kandungan serat yang ada pada makanan ini dapat menjaring dan memperangkap residu-residu yang terdapat pada saluran usus dan nantinya dapat merangsang organ pencernaan untuk segera buang air besar. Adapun jenis makanan yang termasuk mengandung berserat tinggi diantaranya adalah kubis, brokoli, wortel, bayam, dan papaya.

Tips #2: Perbanyak konsumsi kismis dan apricot. Kedua jenis makanan ini sangatlah sering digunakan oleh banyak orang sebagai alternative solusi memperlancar buang air besar. Bahkan terapi dengan menggunakan kismis dan apricot sudah banyak diterapkan di berbagai belahan dunia selama beberapa dekade. Ini membuktikan betapa metode ini cukup ampuh untuk mengatasi sembelit.

Tips #3: Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung jahe, bawang merah dan bawang putih. Bahan makanan tersebut memiliki kandungan zat yang efektif untuk meningkatkan aktifitas pada system pencernaan kita.

Tips #4: Mengonsumsi makanan yang mengandung Zinc. Ada banyak jenis makanan yang memiliki kandungan Zinc tinggi, diantaranya adalah kacang hijau, kacang polong, seafood, buncis, kedelai, telur, kacang tanah, dan banyak lagi.

Tips #5: Mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak bervitamin, seperti minyak ikan cod, minyak gandum, dan minyak zaitun. Bahan-bahan tersebut terbukti dapat membantu memperlancar proses buang air besar dan juga mengandung banyak bahan yang sangat menyehatkan bagi tubuh.

Dan apabila Anda sudah positif mengalami sembelit atau menyadari tanda-tandanya, selain mencoba tips melancarkan buang air besar di atas, perlu kiranya Anda juga menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memperparah masalah sembelit Anda, diantaranya adalah pisang dan kopi. Yap, kedua jenis makanan dan minuman tersebut ternyata dapat memicu terjadinya sembelit. Bagi sebagian orang mungkin justru menganggap kopi sebagai obat anti sembelit alami, namun nyatanya kandungan kafein di dalam kopi justru dapat membuat kotoran menjadi keras yang tentunya akan sangat menyiksa bagi Anda. Baca juga Penyebab wasir berdarah.

obat tradisional susah buang air besar - obat susah buang air besar - obat susah bab - cara melancarkan bab - tips melancarkan buang air besar - Cara melancarkan buang air besar - cara memperlancar bab - cara melancarkan buang air besar setiap pagi - melancarkan bab - susah buang air besar - obat melancarkan bab - obat untuk melancarkan BAB - obat memperlancar bab - melancarkan buang air besar - cara melancarkan bab tiap hari -