Tips Memenuhi Nutrisi Ketika Berpuasa

By Categories : Nutrisi

Nutrisi merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap dalam kondisi yang fit. Setiap hari tubuh memerlukan asupan nutrisi 3-5 kali, tergantung dari berapa sering kita makan dan disitulah tubuh mendapatkan asupan nutrisi. Mengingat sebentar lagi bulan puasa akan datang, sangat penting sekali mengetahui tips memenuhi nutrisi ketika puasa. Karena ketika berpuasa tubuh seseorang hanya akan terpenuhi 2-3 kali yaitu ketika saat saur dan berbuka puasa dan ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja tubuh kita.

Tips Memenuhi Nutrisi

Umumnya, ketika berpuasa justru makanan sehat akan diabaikan, tapi lebih memilih makanan yang mengenyangkan. Padahal yang perlu Anda ketahui bahwa tubuh ketika puasa sangat membutuhkan sekali asupan nutrisi yang seimbang bukan hanya makanan yang sekedar mengenyangkan saja. Biasanya kebiasaan tersebut banyak menimbulkan berbagai masalah penyakit pada manusia ketika dalam berpuasa. Maka dari itu kita harus lebih cermat memilih makanan yang baik dan terpenuhi banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sangat beragam di antaranya makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Selain itu makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur, buah-buahan dan lain sebagainya. Nah untuk lebih jelasnya, perhatikan saja ulasan berikut ini mengenai nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika berpuasa!

Tips Memenuhi Nutrisi yang Perlu Anda Ketahui

Kurma

Ketika berpuasa karbohidrat sangat penting untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karena karbohidrat memiliki manfaat sebagai pengisi ulang cadangan glikogen dalam tubuh, selain itu karbohidrat juga dapat memicu sekresi hormon insulin yang berfungsi untuk mengoptimalkan otot-otot pada tubuh Anda. Adapun cara untuk memenuhi nutrisi ketika berpuasa yaitu dengan cara makan tiga butir kurma ketika berbuka puasa kerena kurma memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi.

Susu, Telur dan Kedelai

Tips memenuhi nutrisi selanjutnya adalah dengan memenuhi kandungan protein. Kandungan protein sangat penting sekali untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika berpuasa. Kandungan protein bisa didapatkan melalui tiga macam makanan di antaranya susu, telur dan kedelai. Karena protein itu sendiri dapat berfungsi untuk memulihkan otot-otot setelah berpuasa, dan sangat disarankan sekali untuk memenuhi protein sekitar 20 gram ketika saur dan berbuasa puasa.

Sayur dan Buah-buahan

Tidak kalah pentingnya ketika berpuasa tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi yang mengandung vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin itu sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang akan membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah sakit ketika berpuasa. Asupan nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan ketika saur dan berbuka puasa.

Nah itulah tips memenuhi nutrisi ketika berpuasa, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan ibadah puasa Anda lebih sehat dengan mengonsumsi nutrisi sehat ketika berpuasa seperti yang sudah di jelaskan di atas. Baca juga artikel lainnya mengenai Jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan.