Tips Menaikan Berat Badan Ideal

By Categories : Nutrisi

Tidak hanya soal menurunkan berat badan, menaikan berat badan pun bagi sebagaian orang merupakan hal yang susah. Walaupun pola makan sudah ditambah namun berat badan masih kurang, hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya kalori dalam tubuh. Untuk itu, mulailah makan kalori yang lebih sehat karena kalori yang sehat akan membuat tubuh Anda menjadi ideal. Berikut tips menaikan berat badan ideal.

Tips Menaikan Berat Badan Ideal

Mulai dari hal kecil

Masukan makanan yang berkalori sehat ke dalam menu makanan Anda. Misalnya tambahkan sedikit mentega kacang untuk oatmeal, minyak zaitun pada salad dan mentega pada sayuran yang akan dikukus.

Gunakan lemak pada makanan

Untuk mendapatkan berat badan ekstra Anda harus menggunakan lemak setiap kali makan. Tidak semua lemak buruk pada tubuh kita, karena dapat juga untuk meningkatkan tampilan kulit, kuku, dan rambut Anda. Selain itu, lemak juga dapat menyerap nutrisi dari makanan yang Anda makan. Pastikan memilih lemak yang berasal dari kacang-kacangan, minyak zaitun, biji-bijian, minyak kelapa, dan alpukat.

Tambahkan pati

Anda juga disarankan menambahkan pati sehat pada makanan Anda agar dapat menaikan berat badan ideal. Ini bisa berupa kentang yang dipanggang, labu, dan nasi. Bahan-bahan tersebut dapat membantu Anda mendapatkan berat badan secara ideal.

Camilan kacang mentah

Tips menaikan berat badan ideal selanjutnya adalah dengan camilan kacang mentah. Ini lebih baik dari pada sayuran dan buah-buahan karena kacang-kacangan mentah memiliki kalori yang lebih baik dari pada sayur dan buah-buahan. Anda cukup menambahkan ¼ cangkir kacang-kacangan pada buah-buahan sebagai camilan.

Jangan lupakan protein

Protein dapat membantu Anda mengasilkan otot yang berpengaruh pada berat badan yang sehat. Hal ini tentunya akan menjadi baik jika Anda mengosumsi dengan rutin protein dalam tubuh. Pasti Anda akan melihat perbedaan yang besar pada diri Anda, lihat hasilnya beberapa waktu ke depan.

Konsumsi smoothie dalam jumlah banyak

Anda dapat menambahkan hal sehat lain ke dalam smoothie untuk mendapatkan kalori yang sehat. Ada beberapa bahan yang baik untuk tubuh seperti gula, yogurt, alpukat, pisang, bahkan kelapa parut.

Lakukan dengan cerdas

Tips yang terakhir adalah melakukan dengan cerdas. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal tidak perlu dengan cara-cara yang keras. Anda hanya perlu melakukannya dengan cerdas, misalnya dengan disiplin dan menghindari makanan seperti hamburger, milkshake, namun tetap memilih makan yang berkalori sehat.

Itulah beberapa tips menaikan berat secara ideal dengan kalori sehat. Ingat, untuk menaikan berat badan bukan berarti Anda mengabaikan kesehatan. Baca artike menarik lainnya