Tips Menjaga Kadar Kolesterol LDL dan HDL

By Categories : Kesehatan

Apakah Anda adalah satu dari mereka yang menderita kolesterol tinggi? Anda sudah melakukan banyak cara menurunkan kolesterol, namun selalu gagal untuk mendapatkan hasil yang diinginkan? Ketika dokter mengatakan bahwa Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga pola makan dengan sangat baik, serta menggali lebih dalam informasi mengenai kolesterol LDL dan HDL. Ini dikarenakan tidak semua kolesterol adalah jahat. Dan meskipun dokter sudah memberikan berbagai macam obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, akan tetapi semuanya harus dimulai dari pola hidup yang sehat.

Sebagian besar orang Amerika makan dengan porsi yang cukup besar. Bahkan bisa mencapai berkali lipat dari porsi makan yang normal. Hal itu bisa menyebabkan berat badan meningkat yang akhirnya bisa menyebabkan timbulnya kolesterol yang tinggi. Lalu, bagaimana agar bisa terhindar dari hal itu? Gunakanlah tangan Anda sebagai takaran porsi makan Anda. Setiap makanan yang akan dikonsumsi tidak boleh lebih dari seukuran telapak tangan Anda. Perbanyaklah porsi buah dan sayuran sekitar 5 sampai dengan 9 porsi dalam sehari. Hal itu bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol LDL yang merupakan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan akan membantu mengurai kadar LDL dalam tubuh.

kolesterol LDL dan HDL

Ketika Anda lebih banyak mengkonsumsi sayur, itu juga berarti Anda mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak. Selain buah dan sayur, margarine oles, yogurt dan makanan lainnya yang mengandung sterol juga bisa digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol LDL. Kolesterol LDL dan HDL bisa saja memasuki tubuh anda secara bersamaan, dan metode ini akan membantu anda mengurangi asupan LDL dalam tubuh tanpa mengurangi kadar HDL.

Cara menurunkan kolesterol lainnya melalui makanan adalah dengan mengkonsumsi ikan laut. Ini dikarenakan ikan laut memiliki kandungan lemak Omega 3 tinggi yang merupakan lemak yang sangat sehat. Asam lemak omega 3 bisa membatu proses melambatnya pertumbuhan plak pada dinding pembuluh darah dan juga tentunya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Walaupun ikan memiliki kandungan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol, jangan sampai Anda menghilangkan manfaatnya karena proses memasak yang salah. Jangan memasak ikan dengan cara menggoreng, karena itu sama saja dengan membuang manfaat yang seharusnya bisa Anda dapatkan.

Untuk dapat mengatur intake dan outtake kolesterol LDL dan HDL, Anda harus meluangkan waktu Anda untuk melakukan olahraga paling tidak lima hari dalam seminggu. Selain sebagai cara menurunkan kolesterol, olahraga juga bisa membantu Anda memiliki tubuh yang ideal. Anda bisa memulai dengan olahraga paling tidak 10 menit. Setelah mulai terbiasa, Anda bisa menambahkan waktunya menjadi 30 menit. Hal itu dimaksudkan agar Anda tidak kaget dan upaya Anda untuk melakukan cara menurunkan kolesterol bisa berjalan dengan baik. Baca juga artikel terkait Kadar kolesterol menurut WHO.

Loading...
cara menjaga kadar kolestrol -