Tips Menjaga Kesehatan Hati

By Categories : Kesehatan

Menjaga kesehatan organ tubuh menjadi prioritas wajib yang haru dilakukan setiap orang jika tak ingin mengalami berbagai masalah kesehatan. Terdapat pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal tersebut memang benar adanya mengingat kesehatan merupakan harta paling penting setiap orang. Tubuh memiliki berbagai organ yang memiliki fungsi yang berbeda- beda.

Salah satu organ pada tubuh yang memiliki peranan penting ialah hati atau liver. Hati atau liver di dalam tubuh memiliki fungsi sebagai penawar racun yang terdapat pada tubuh sekaligus membantu proses makanan yang sudah diserap oleh organ usus. Di samping itu hati atau liver juga berperan penting dalam memproduksi getah yang disebut dengan getah empedu.

Tips Menjaga Kesehatan Hati

Getah empedu memiliki fungsi sebagai menyimpan zat besi, sebagai sistem pencernaan makanan, membuang racun dalam tubuh, mengontrol kadar lemak dalam tubuh, serta mengontrol asam amino dalam darah. Mengingat begitu penting fungsi organ hati atau liver ada baiknya jika menjaganya sejak usia muda. Untuk menjaga kesehatan organ hati atau liver dapat dilakukan mulai dengan cara yang paling mudah. Cara-cara tersebut dapat Anda ketahui dengan mengikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Hati atau Liver

Menghindari Minuman Beralkohol

Tips menjaga kesehatan hati yang pertama adalah dengan menghindari minum-minuman beralkohol. Sama seperti merokok, minuman beralkohol dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kesehatan tubuh termasuk kesehatan organ hati meski dalam jangka lama. Seseorang yang sering minum-minuman beralkohol dalam jangka waktu lama dapat beresiko mengalami gangguan pada fungsi organ hati.

Mencukupi Tubuh dengan Mengonsumsi Sayuran Hijau

Tips menjaga kesehatan hati atau liver berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau. Sayuran hijau memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh selama tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Jenis sayuran yang baik untuk kesehatan organ hati diantaranya brokoli, sawi hijau, kol, kubis, bayam, selada, dan bisa juga bawang yang terbukti memiliki kandungan belerang alami yang berperan dalam detoksifikasi.

Mengonsumsi Buah-Buahan

Untuk menjaga kesehatan organ hati berikutnya bisa djuga dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan. Konsumsi buah-buahan menjadi cara terbaik berikutnya dalam mendapatkan asupan nutrisi serta vitamin untuk tubuh. Terdapat berbagai macam buah yang baik untuk kesehatan hati diantaranya seperti buah alpukat yang mengandung glutathione yang membantu hati dalam proses detoksifikasi. Selain alpukat buah apel bisa dikonsumsi. Buah ini mengandung pektin yang membantu tubuh dalam melepas racun dari saluran pencernaan tubuh.

Minum Jus Lemon atau Jeruk Nipis

Beberapa jus buah seperti jus lemon atau jeruk nipis dapat Anda jadikan sebagai alternatif dalam membantu menjaga kesehatan organ hati. Ini dikarenakan jus lemon atau jeruk nipis mengandung vitamin C cukup tinggi yang berperan sebagai perangsang kinerja hati agar lebih optimal serta membantu kinerja dari sistem pencernaan tubuh. Di samping itu minuman tersebut juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai tips menjaga kesehatan organ hati atau liver yang bisa Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Obat tradisional untuk penyakit liver.

cara menjaga kesehatan hati - alpukat untuk kesehatan hati - bagaimana menjaga kesihatan hati - cara sehat menjaga organ hati - tips cara menjaga organ hati jadi sehat -