Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

By Categories : Kesehatan

Bulan Ramadhan akan segera tiba, sudahkah Anda mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut bulan yang suci ini? Sseperti yang Anda ketahui saat berpuasa setiap orang identik dengan kata lemas dan tidak bersemangat. Bagi seseorang yang tidak memiliki kegiatan, mungkin mereka dapat bermalas-malasan atau bisa tidur di rumah agar tidak terasa berat. Lantas bagaimana jika seseorang tersebut memiliki segudang aktifitas yang dapat menguras tenaga setiap harinya? Jangan khawatir, ada beberapa tips tetap sehat dan bugar saat berpuasa yang bisa Anda coba. Berikut ulasannya!

Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa yang Perlu Anda Ketahui

Hindari Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Saat lapar melanda sebelum buka puasa pastinya setiap orang ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan saat berbuka. Namun sebaiknya Anda mengurungkan niat yang satu ini. Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan yang berlebihan dapat membuat perut menjadi begah. Sebelum mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan makanan seperti sup, salad atau makanan ringan sehat lainnya.

Mengonsumsi Protein dan Makanan Berserat

Sebelum memulai puasa setiap orang pastinya akan melakukan sahur. Pada saat sahur pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan juga protein. Serat berguna untuk melancarkan pencernaan Anda setiap harinya. Sehingga tidak ada sisa makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan. Makanan yang kaya akan serat adalah sayuran, buah dan biji-bijian. Sedangkan protein Anda dapat menemukannya dalam telur, kacang-kacangan, yogurt dan juga keju.

Minum Air Putih

Tips tetap sehat dan bugar saat berpuasa selanjutnya dalah minum air putih yang cukup. Air putih adalah salah satu minuman yang wajib dipenuhi setiap harinya. Minumlah 2 liter atau 8 gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Manfaat air putih untuk tubuh sangat banyak, salah satunya terhindar dari dehidrasi. Tak hanya itu, air juga dapat mencegah bau mulut pada saat berpuasa karena air mampu membuat produksi saliva (air liur) tetap stabil. Hindari minum teh atau kopi karena minuman tersebut dapat membuat cepat haus pada waktu siang hari.

Hindari Camilan atau Kue Berkalori Tinggi

Seperti yang Anda ketahui bulan Ramadhan adalah waktu terbanyak tersedia berbagai macam camilan atau kue. Namun sebaiknya Anda mengurangi hal-hal tersebut karena dapat membuat berat badan semakin naik. Jika Anda ingin ngemil, pilihlah camilan sehat yang rendah akan kalori seperti kurma atau kacang almond.

Olahraga Ringan Setelah Berbuka Puasa

Berolahraga setelah berbuka puasa adalah hal sangat dianjurkan. Karena hal ini dapat menjaga berat badan Anda. Tak hanya itu, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah. Olahraga yang tepat dilakukan setelah buka puasa adalah olahraga ringan seperti peregangan otot ataupun jalan kaki saat akan menunaikan ibadah sholat di masjid.

Nah itulah beberapa tips tetap sehat dan bugar saat berpuasa. Baca artikel terkait mengenai Tips memenuhi nutrisi saat berpuasa.